Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemicu Utama Karhutla Versi Menteri Siti

Selasa, 29 Oktober 2019 – 18:33 WIB
Pemicu Utama Karhutla Versi Menteri Siti - JPNN.COM
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( LHK), Siti Nurbaya. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terus berupaya maksimal menangani dan mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Namun, karhutla tetap saja terjadi dengan berbagai faktor.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar pun menerangkan sejumlah faktor utama terjadinya karhutla. Kebanyakan, kata dia, karhutla terjadi karena ulah manusia.

“Salah satunya akibat buang puntung rokok sembarangan, ada juga karena pembakaran untuk membuka ladang dan kebun. Dalam hal ini tidak dilakukan penjagaan dan persiapan hingga meluas," kata dia di Sekolah Global Mandiri di Cibubur, Selasa (29/10).

Menteri yang juga lulusan IPB ini menegaskan, pemerintah terus berupaya melakukan pemadaman serta kontrol ketat pengelolaan lahan untuk mencegah kejadian karhutla. "Petugas terus bekerja di lapangan, BPBD juga aktif. Pemerintah masih waspada hingga pertengahan November," katanya.

Siti Nurbaya yang kembali dipilih Presiden Jokowi menjadi Menteri LHK, mengaku memilih mengunjungi sekolah untuk berbagi inspirasi dan mengajak siswa sekolah bersama-sama menjaga lingkungan hidup dan kehutanan.

Pasalnya, kata dia, karakter yang terbentuk pada siswa sekolah menentukan Indonesia di masa depan. Tak lupa, Menteri Siti juga membagikan bibit pohon multiguna seperti rambutan, mangga, dan nangka untuk ditanam para siswa dan sekolah. Dia mengajak agar setiap siswa hingga dewasa menanam setidaknya 25 batang pohon. (cuy/jpnn)

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di beberapa daerah karena ulah manusia, salah satunya membuang puntung rokok sembarangan.

Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close