Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemkab Tegal Olah Tinja Manusia jadi Energi

Minggu, 31 Juli 2011 – 03:42 WIB
Pemkab Tegal Olah Tinja Manusia jadi Energi - JPNN.COM
SLAWI  - Upaya pengolahan limbah lewat pengadaan instalasi pengolahan limbah ( IPAL) kini tengah diproses Balai Lingkungan Hidup ( BLH) Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah di enam titik berbeda dalam tahun ini. Lima dari enam program pembangunan sarana pengolahan limbah tersebut akan memanfaatkan limbah dari industri tahu, dan satu titik dibaguan untuk pengolahan "feses" atau tinja manusia. Pembangunan sarana pengolahan limbah itu akan diwujudkan dalam bentuk biodigester.

Kepala BLH  Khofifah menyatakan lima titik pembangunan sarana pengolahan limbah (IPAL) tersebut akan dikosentrasikan di  Desa Grobog Kulon Kecamatan Pangkah, Kecamatan Dukuhwaru, Tarub, Pangkah, dan Desa Harjosari Kecamatan Adiwerna. "Satu biodigester khusus untuk mengolah feses atau tinja manusia akan kita bangun di komplek MTS Ahmad Dahlan Balapulang," terangnya.

Selain pembangunan sarana pengolahan limbah, ditahun 2011 ini pihaknya juga akan merealisasikan pembangunan konstruksi saluran air limbah rumah tangga. Dimana untuk pembangunan saluran air limbah rumah tangga sendiri akan membidik tiga desa di Kecamatan Bumijawa masing- masing di Desa Cempaka, Jejeg, dan Bumijawa.

Selebihnya pembangunan juga kami lakukan didua desa yang berada di Kecamatan Adiwerna masing- masing untuk Desa Bersole dan Lumingser, serta satu desa di Kecamatan Slawi.

SLAWI  - Upaya pengolahan limbah lewat pengadaan instalasi pengolahan limbah ( IPAL) kini tengah diproses Balai Lingkungan Hidup ( BLH) Kabupaten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA