Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemprov Kaltim Buka 9.456 Formasi CASN 2024

Minggu, 17 Maret 2024 – 21:00 WIB
Pemprov Kaltim Buka 9.456 Formasi CASN 2024 - JPNN.COM
Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kaltim Deni Sutrisno (Antara/Diskominfo Kaltim)

jpnn.com - SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur membuka 9.456 formasi calon aparatur sipil negara (CASN), terdiri 9.195 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dan 261 calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kaltim Deni Sutrisno mengatakan saat ini Pemprov Kaltim masih menunggu validasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang nantinya melalui persetujuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

"Sudah, pengajuan kita 9.456 formasi untuk tahun 2024. Jadi, seleksinya tidak hanya satu kali, biasanya dua bahkan sampai tiga kali, kan, ada CPNS dan PPPK 2024," kata Deni Sutrisno di Samarinda, Minggu (17/3).

Pemprov Kaltim menyebut bahwa semua terkait pertimbangan formasi CPNS dan PPPK tergantung langsung dari kebijakan kepala daerah, dalam hal ini gubernur.

"Karena ada surat pertanggungjawaban mutlak yang ditandatangani kepala daerah. Jadi, berapa jumlah formasi, anggaran yang dibutuhkan, bisa mengakomodasi jumlah formasi," imbuhnya.

Deni menyatakan bahwa usulan 9.195 formasi PPPK merupakan komitmen Pemprov Kaltim memperjuangkan tenaga non-ASN yang sudah mengabdi dalam perkembangan pembangunan dan kemajuan di Pemprov Kaltim.

Formasi PPPK, yakni meliputi formasi guru, kesehatan dan teknis. "Ini karena kebutuhan. Jadi, ada usulan kebutuhan daerah. Kalau CPNS ada arahan sendiri dari pusat," ujar Deni.

Seluruh mekanismenya sebelum disetujui, pihak BKD Kaltim akan meneruskan ke pemerintah pusat dengan data pendukung terkait perincian kebutuhan sesuai panduan. Untuk tahapan dan jadwal perekrutan, menunggu petunjuk selanjutnya dari BKN maupun KemenPAN-RB.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) membuka 9.456 formasi CASN tahun 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close