Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemudik Asal Jabodetabek Penuhi Magelang

Jumat, 08 Mei 2020 – 21:24 WIB
Pemudik Asal Jabodetabek Penuhi Magelang - JPNN.COM
Ilustrasi pemudik menggunakan bus. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, MAGELANG - Jumlah pemudik di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah berdasarkan data Dinas Perhubungan sejak 28 Maret 2020 hingga hari Jumat (8/5) ini mencapai 4.320 orang, kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Magelang Nanda Cahyadi Pribadi.

Nanda di Magelang, Jumat, mengatakan meskipun sudah ada imbauan dari pemerintah untuk tidak mudik saat pandemi COVID-19, namun berdasarkan rekapitulasi data sudah banyak pemudik yang sampai di Kabupaten Magelang melalui Terminal Secang, Muntilan dan Salaman.

Ia menuturkan dari jumlah tersebut, terbanyak berasal dari wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) mencapai 1.342 orang.

Selain dari Jabodetabek, ada dari wilayah Bandung sebanyak 58 orang. Sisanya lebih dari 2920 berasal dari sejumlah kota lain, seperti dari beberapa kota dan kabupaten di Jawa Timur dan beberapa di Pulau Kalimantan serta lainnya.

Sebanyak 4320 pendatang tersebut, paling banyak tujuannya ke Kecamatan Secang sebanyak 1.053 dan Muntilan 1.050 orang. Kemudian ke Kecamatan Salaman 345 orang dan Grabag 241 orang.

"Selain empat kecamatan itu, pemudik tersebar merata hampir di setiap kecamatan. Namun untuk jumlahnya, rata-rata hanya berkisar 100an pemudik. Dari catatan kami, pada tanggal 31 Maret juga ada 293 pemudik dari Pondok Pesantren Lirboyo dan 8 April 2020 dari Ponpes di Banyuwangi sebanyak 22 orang.

Ia menyampaikan meskipun di sejumlah kota telah melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai April 2020, namun tercatat hingga tanggal 7 Mei 2020 masih ada pendatang yang berasal dari kota-kota yang melakukan PSBB tersebut.

"Pada tanggal 1 hingga 7 Mei 2020 ada 408 orang, mereka ada yang berasal dari wilayah Jabodetabek dan Bandung yang melakukan PSBB. selain dilakukan pendataan, pemeriksaan kesehatan terhadap para pendatang kami minta untuk langsung lapor ke satgas desa dan petugas kesehatan serta melakukan isolasi mandiri," katanya.

Selain dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, pemudik juga ada yang berasal dari Bandung, dan daerah lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close