Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penari Eko Supriyanto Tampilkan Seni Tubuh Solid.States di Melbourne

Jumat, 20 November 2015 – 13:16 WIB
Penari Eko Supriyanto Tampilkan Seni Tubuh Solid.States di Melbourne - JPNN.COM

Eko Supriyanto bersama dengan penari berdarah Indonesia Melanie Lane, putri dari peneliti Australia Max Lane, akan tampil dalam karya seni tubuh Solid.States di Melbourne, Jumat (20/11/2015) malam. Keduanya menggabungkan unsur modern dalam tarian kontemporer dengan gerakan tradisional khas Jawa.

Proyek Eko dan Melanie ini adalah hasil buah pemikiran seniman asal Belgia, Arco Renz yang tinggal di Jerman. Nama Renz juga sudah tidak asing bagi penggemar seni tari di Indonesia, karena ia telah hadir ke Indonesian Dance Festival selama beberapa kali.

Ia sengaja menggabungkan keduanya yang sama-sama memiliki darah Jawa dan dileburkan dengan unsur-unsur budaya pop.

"Kolaborasi ini sebenarnya pertama kali dilakukan di tahun 2011," ujar Eko saat hadir di studio ABC International. "Latihan dilakukan di Solo dan Belgia, kita bolak-balik selama hampir setahunan untuk latihan, sebelum ditampilkan pertama kali di tahun 2012."

Arco sengaja menempatkan Eko, penari yang memiliki dasar kuat dalam menari Jawa sebagai bentuk stabilitas kultural dari tubuh seorang penari, yang kemudian sering tampil di luar negeri. Menurut Arco ada perubahan dalam konteks tubuh dan pemikiran.

Sebaliknya, Melanie yang memiliki perspektif global tetapi kemudian memiliki darah Jawa, membuat Arco mencoba untuk mengembalikan dirinya untuk mencari identitas Jawa.

Video: YouTube, STUK Leuven.

Mereka akan tampil bersama dalam panggung berukuran 3x6 meter yang diberi goncangan dari bawah, sepanjang tarian berlangsung.

Eko Supriyanto bersama dengan penari berdarah Indonesia Melanie Lane, putri dari peneliti Australia Max Lane, akan tampil dalam karya seni tubuh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA