Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penasehat AVGI Berharap Pemerintah Makin Peduli untuk Bangun Ekosistem Industri Kreatif

Rabu, 17 Juli 2019 – 09:05 WIB
Penasehat AVGI Berharap Pemerintah Makin Peduli untuk Bangun Ekosistem Industri Kreatif - JPNN.COM
Ketua Dewan Penasihat Asosiasi Olahraga Video Games Indonesia (AVGI), M Pradana Indraputra pada acara pelantikan pengurus AVGI di Jakarta, Selasa (16/7) kemarin. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Penasihat Asosiasi Olahraga Video Games Indonesia (AVGI), M Pradana Indraputra berharap kepada pemerintah agar makin peduli dan memperhatikan industri kreatif yang banyak digeluti para milenial.

“Terima kasih kepada Presiden Jokowi yang membangun ekosistem industri kreatif, termasuk e-sports ke arah yang stabil dan tumbuh pesat di Indonesia," ucap Dana sapaan M Pradana Indraputra saat sambutan pada acara pelantikan pengurus AVGI di Jakarta, Selasa (16/7) kemarin.

Dana menjelaskan perkembangan teknologi dan informasi secara signifikan turut mengubah gaya hidup, termasuk mendorong kemajuan industri gaming dan olahraga elektronik. Hal tersebut terjadi di hampir seluruh belahan dunia tak terkecuali di Indonesia.

BACA JUGA: Industri Kreatif Bisa Dapat Modal Rp 100 Juta dari Pemerintah

Sebagaimana laporan dari Newzoo, pada tahun ini, nilai pasar game global bakal menembus angka USD152 miliar atau meningkat sebesar 9,6 persen ketimbang tahun sebelumnya. Kondisi tersebut juga terjadi di Indonesia dengan jumlah statistik pemain games atau gamers yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Dalam Global Games Market Report, menurut Dana, Indonesia menempati posisi ke-17 sebagai negara dengan pendapatan tertinggi dari online game, dan mencapai USD941 juta atau sekitar Rp13 triliun per Januari 2019.

Guna mewadahi pengembangan ekosistem industri olahraga elektronik tersebut, serta dilandasi semangat menggandeng semua stakeholder yang terlibat di industri ini, maka dihadirkan Asosiasi Olahraga Video Games Indonesia (AVGI). "Semoga AVGI dapat jadi secercah semangat bagi industri e-sports Indonesia," katanya.

Pada acara pelantikan pengurus AVGI, tampak hadir Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melantik para pengurus AVGI.

Ketua Dewan Penasihat Asosiasi Olahraga Video Games Indonesia (AVGI), M Pradana Indraputra berharap kepada pemerintah agar makin peduli dan memperhatikan industri kreatif yang banyak digeluti generasi milenial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close