Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pencarian Kapal LCT Cita XX yang Hilang di Papua Resmi Disetop

Sabtu, 27 Juli 2024 – 21:40 WIB
Pencarian Kapal LCT Cita XX yang Hilang di Papua Resmi Disetop - JPNN.COM
Personel Kantor SAR Timika dan perwakilan BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika melangsungkan rapat operasi pencarian Kapal LCT Citra XX di Timika, Papua Tengah, Rabu (24/7/2024). (ANTARA/HO-Kantor SAR Timika)

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Operasi Badan Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Edy Prakoso menyatakan operasi pencarian kapal LCT Cita XX pengangkut material bahan pembangunan BTS Bakti Kominfo yang hilang di Papua resmi dihentikan hari ini.

Penghentian operasi dilakukan setelah personel gabungan dari Kantor SAR Timika, TNI dan Polri daerah setempat tak kunjung menemukan tanda-tanda keberadaan kapal dan para penumpangnya, meski sudah berusaha maksimal selama tujuh hari penuh sejak operasi pencarian dan pertolongan dimulai Jumat (19/7).

"Dengan catatan jika di kemudian hari ditemukan tanda-tanda keberadaan kapal ataupun tanda-tanda dari para penumpang maka operasi SAR akan dimulai kembali," kata Edy dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (27/7).

Oleh karena itu, lanjut dia, tim siap mengumpulkan dan menindaklanjuti segala informasi dari warga setempat yang berkaitan dengan keberadaan kapal LCT Cita XX dengan fisik berwarna putih, bervolume 245 GT yang hilang itu demi memperbesar kemungkinan dapat ditemukan.

Basarnas menerima laporan terkait kapal LCT Cita XX yang hilang kontak saat dalam perjalanan dari Timika ke Lokpon, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

Kapal dengan 12 kru pelayaran itu membawa bahan pembangunan Base Transceiver Station BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia dengan tujuan ke Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan dan dijadwalkan tiba pada Kamis (18/7).

Sejak laporan diterima hingga selama tujuh hari setelahnya atau Jumat (26/7) tim SAR gabungan terus melakukan pencarian secara intensif.

Mulai dari kapal angkutan perang KRI Teluk Lada 521 hingga helikopter Super Puma, Pesawat Boeing pengintai 737-200 milik TNI Angkatan Laut dan Angkatan Udara sudah dikerahkan menyusuri wilayah perairan laut Timika - Yahukimo, Papua Pegunungan.

Pencarian kapal LCT Cita XX yang membawa material pembangunan BTS Bakti Kominfo, yang hilang di Papua resmi dihentikan hari ini, Sabtu (27/7).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA