Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pendamai, Kalla Terima Doktor HC di Jepang

Namai Tapir, Tinjau Sawah di Gedung

Minggu, 01 Februari 2009 – 07:13 WIB
Pendamai, Kalla Terima Doktor HC di Jepang - JPNN.COM
TOKYO - Wakil Presiden Jusuf Kalla memulai lawatan ke Jepang, Amerika Serikat, Belgia, dan Belanda. Kemarin (31/1) Wapres telah berada di Tokyo. Di negara tersebut Kalla akan mendapat gelar doktor kehormatan dari Soka Daigaku atau Universitas Soka.

Wartawan Jawa Pos, Tommy Cahyo Gutomo, melaporkan, penganuegerahan doktor honoris causa (HC) akan dilakukan Senin pagi (2/2) di Universitas Soka di Kota Hachioji, Tokyo. Menurut Duta Besar Indonesia di Tokyo Jusuf Anwar, Kalla mendapat gelar doktor kehormatan karena dinilai sebagai tokoh perdamaian yang berperan besar dalam penyelesaian konflik di beberapa daerah di Indonesia. ''Kegiatannya memang diagendakan sejak lama oleh pihak Soka University,'' kata Jusuf Anwar di Tokyo kemarin (31/1).

Universitas ini didirikan Tsunesaburo Makiguchi, mantan kepala SD yang bercita-cita besar, pada 1969. Makiguchi berkeyakinan, tujuan pendidikan adalah menuju kebahagiaan mahasiswa. Universitas ini sudah mengembangkan diri ke California, bernama Soka University of America.

Gelar doktor kehormatan itu sebenarnya pernah disampaikan pihak Soka University melalui kantor perwakilan Sokka Gakkai di Indonesia. Namun, pihak Universitas Soka tetap meminta Wapres memberikan orasi ilmiah di depan sidang senat terbuka. Soka University memang memiliki perhatian besar pada paya-upaya perdamaian, kebudayaan, dan pendidikan.

TOKYO - Wakil Presiden Jusuf Kalla memulai lawatan ke Jepang, Amerika Serikat, Belgia, dan Belanda. Kemarin (31/1) Wapres telah berada di Tokyo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA