Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pendapatan Pak Aleh Meningkat setelah Ikut Program Star Energy Geothermal

Rabu, 12 Agustus 2020 – 10:20 WIB
Pendapatan Pak Aleh Meningkat setelah Ikut Program Star Energy Geothermal - JPNN.COM
Pak Aleh, salah satu petani kopi di Pangalengan. Foto: Humas SEG for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Star Energy Geothermal (SEG), perusahaan pembangkit listrik tenaga panas bumi yang beroperasi di Jawa Barat, terus meningkatkan program tanggung jawab sosial untuk mendukung pencapaian target Sustainability Development Goals (SDG's) melalui program pemberdayaan masyarakat (Community Development).

Chief Power Plant Operations Officer Star Energy Geothermal, Heribertus Dwiyudha, menjelaskan, program-program pemberdayaan masyarakat ini dilakukan di wilayah Kabupaten Bandung, khususnya di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Garut, Kabupaten Sukabumi, serta Kabupaten Bogor.

"Kami mengembangkan program pemberdayaan masyarakat yang beorientasi pada upaya berkelanjutan dengan beberapa target yang dirumuskan untuk mencapai Sustainability Development Goals (SDG's)," tutur Heribertus Dwiyudha dalam pernyataan resminya, Rabu (12/8).

Beragam program pengembangan masyarakat yang dilaksanakan Star Energy Geothermal tersebut antara lain pemberdayaan ekonomi lokal (sentra kopi, jamur, peternakan, dan pertanian ramah lingkungan), peningkatan akses pendidikan (literasi, pelatihan guru, beasiswa) dan perlindungan lingkungan (ekowisata, restorasi mata air, konservasi hutan).

Strategi pengembangan program pemberdayaan masyarakat secara terpadu akan difokuskan pada pengembangan kawasan melalui program unggulan geo-wisata kawah Wayang, ekowisata Darajat dan greenbelt hutan koridor Gunung Salak.

Diharapkan, program ini akan memberikan dampak langsung kepada masyarakat secara bervariasi, mulai dari kesejahteraan, kualitas hidup dan kualitas lingkungan.

"Kami ingin mengembangkan kawasan dengan mendayagunakan potensi masyarakat dan dilakukan bersama masyarakat dengan prinsip saling mendukung dan transparansi," ujar Heribertus.

Salah satu petani kopi di Pangalengan, Mochamad Aleh Setiapermana (Ketua Koperasi Petani Kopi Margamulya), yang akrab dipanggil M. Aleh mengungkapkan kebahagiaannya mendapat dukungan program pengembangan masyarakat Star Energy Geothermal karena membantu mengembangkan usahanya, sekaligus memberdayakan petani lainnya.

Program-program pemberdayaan masyarakat dilakukan Star Energy Geothermal (SEG) di sejumlah daerah di Jabar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close