Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penduduk Miskin Turun Jadi 28,5 Juta Jiwa

Kamis, 03 Januari 2013 – 08:16 WIB
Penduduk Miskin Turun Jadi 28,5 Juta Jiwa - JPNN.COM
JAKARTA--Pelan tapi pasti, upaya pengentasan kemiskinan mulai membuahkan hasil. Ini terlihat dari turunnya angka kemiskinan. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin mengatakan, survei terbaru BPS mencatat adanya penurunan angka kemiskinan. Pada periode Maret 2012, jumlah penduduk miskin tercatat sebanyak 29,13 juta atau 11,96 persen dari total penduduk Indonesia.

Sedangkan pada periode September 2012, jumlahnya turun menjadi 28,59 juta jiwa atau 11,66 persen dari total penduduk Indonesia. "Artinya, sepanjang enam bulan, ada 540 ribu penduduk yang mentas dari kemiskinan," ujarnya di Kantor BPS, Rabu (2/1).

Bagaimana mengkategorikan seseorang miskin atau tidak miskin" Suryamin mengatakan, BPS menggunakan perhitungan garis kemiskinan makanan dan nonmakanan. Untuk makanan, batas garis kemiskinannya adalah 2.100 kilokalori per kapita perhari.

Secara sederhana, jika dihitung dengan nominal uang, garis kemiskinan di Indonesia periode September 2012 adalah Rp 259.520 per bulan. Artinya, jika rata-rata pengeluaran seseorang di bawah angka tersebut, maka dia termasuk kategori miskin. "Itu rata-ratanya ya. Sebab, tiap wilayah, garis kemiskinannya berbeda-beda," katanya.

JAKARTA--Pelan tapi pasti, upaya pengentasan kemiskinan mulai membuahkan hasil. Ini terlihat dari turunnya angka kemiskinan. Kepala Badan Pusat Statistik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA