Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peneliti Bongkar Harga Jual Data Pribadi di Dark Web, Berikut Daftarnya

Selasa, 08 Desember 2020 – 03:25 WIB
Peneliti Bongkar Harga Jual Data Pribadi di Dark Web, Berikut Daftarnya - JPNN.COM
Hacker. Ilustrasi: Daily Telegraph/Alamy

jpnn.com - Kaspersky mengungkap daftar harga penjualan data pribadi di forum gelap hackers atau dark web.

Menariknya, ternyata akses menuju data sensitif seperti rekam medis atau informasi identifikasi dapat menghabiskan biaya kurang dari secangkir kopi.

"Dalam beberapa tahun terakhir banyak area kehidupan kita telah menjadi digital seperti medis kita misalnya, termasuk sebagai informasi pribadi," kata peneliti keamanan di Kaspersky's GReAT Dmitry Galov, dalam keterangan tertulis.

"Seperti yang kami lihat dengan meningkatnya jumlah insiden kebocoran data, hal ini menyebabkan lebih banyak risiko bagi pengguna."

Untuk mendapatkan pemahaman lebih jauh tentang bagaimana informasi pribadi pengguna dapat dimanfaatkan di tangan yang salah, penelitian Kaspersky menganalisis penawaran aktif di 10 forum dan pasar darknet internasional.

Penelitian telah menunjukkan akses ke data pribadi dapat dimulai dari 50 sen (0,5 dolar AS) untuk sebuah ID (identitas pribadi), tergantung seberapa jauh data yang ditawarkan.

Daru berbagai jenis data baru yang bermunculan. Dalam hal ini, termasuk catatan medis pribadi dan selfie dengan dokumen identifikasi pribadi, yang biayanya dapat mencapai hingga 40 dolar AS.

Penyalahgunaan data berpotensi menimbulkan konsekuensi cukup signifikan, seperti pengambilan nama atau penggunaan layanan korban berdasarkan identitasnya.

Kaspersky mengungkap daftar harga penjualan data pribadi di forum gelap hackers atau darkweb.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close