Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peneliti BRIN Nilai Airlangga dan Prabowo Terdepan di Bursa Capres 2024

Jumat, 19 Agustus 2022 – 19:20 WIB
Peneliti BRIN Nilai Airlangga dan Prabowo Terdepan di Bursa Capres 2024 - JPNN.COM
Ilustrasi Pemilu/Pilpres. (ANTARA News/Ridwan Triatmodjo)

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRP-BRIN) Wasisto Raharjo Jati menilai Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto selangkah lebih maju untuk menjadi capres ketimbang tokoh-tokoh lainnya.

Sebab, keduanya telah dicalonkan oleh partainya masing-masing.

"Partai masih menjadi penentu akhir bagi figur yang hendak dicapreskan. Terlebih lagi bagi ketua umum sebuah parpol besar, maka kakinya sudah maju selengkah dalam nominasi capres definitif. Artinya seberapa populer seorang figur namun tidak punya tiket nominasi dari partai politik dan koalisinya, maka akan sulit," kata Wasisto saat dihubungi, Jumat (19/8)

Menurut Wasisto, jika nanti keduanya akan bertarung di Pilpres 2024 persaingan akan berjalan kompetitif.

Hal itu mengingat keduanya berasal dari dua partai besar dan terlebih kini juga menjabat pos kementerian penting.

Namun begitu, Wasisto tak mengelak jika nantinya kedua partai akan berkoalisi. Peluang berkoalisi kata Wasisto terbuka lebar.

"Peluang itu ada, namun yang penting diperhatikan adalah bagaimana membuat manajemen konflik bagi parpol besar ini. Tentunya ego masing parpol apalagi parpol besar tentu adalah suatu realita. Hal ini yang perlu dikondisikan sebelum membuat koalisi super," kata Wasisto.

Selain itu kata Wasisto, dengan mengandeng partai berbasis Islam dalam koalisi masing-masing dinilai akan berkontributif nantinya.

Peneliti BRIN Wasisto Raharjo Jati menilai Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto selangkah lebih maju di bursa capres ketimbang sosok lainnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close