Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peneliti: Ganjar Paling Kuat Sebagai Penerus Jokowi

Sabtu, 30 Desember 2023 – 07:18 WIB
Peneliti: Ganjar Paling Kuat Sebagai Penerus Jokowi - JPNN.COM
Capres nomor urut tiga pada Pemilu 2024 Ganjar Pranowo ketika berada di Sukoharjo. Dok: tim media GP

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti Politik BRIN Profesor Lili Romli mengatakan calon presiden nomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo paling bisa melanjutkan legacy Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi adalah kader PDIP, ‘lahir dari rahim Banteng’ dipercaya memiliki ideologi yang sama.

“Jika melihat garis ideologi yang sama, capres Ganjar bisa melanjutkan legacy Jokowi. Ini karena program-program Jokowi sebelumnya lahir dari visi dan misi PDIP. Maka, Ganjar sebagai Capresnya PDIP, tentu sudah inheren dengan apa yang sudah dilakukan Jokowi,” ujar Prof Lili, Jumat (29/12/2023).

Meski hubungan Presiden Jokowi dan PDIP tidak lagi mesra, tetapi tidak bisa diabaikan begitu besar ideologi PDIP memengaruhi gaya kepemimpinan Jokowi.

“Saya kira memang antara Jokowi dan PDIP ada ideologi benang merah, sama-sama berorientasi pada rakyat kecil atau populis,” kata Prof Lili.

Oleh karena itu, publik heran saat Jokowi memberikan dukungan ke Capres Prabowo, bahkan ‘memberikan’ anaknya Gibran Rakabuming sebagai Cawapres.

“Ini perubahan arah ideologi bisa jadi karena haus kekuasaan sehingga mengorbankan nilai dan prinsip ideologi,“ ungkap Prof Lili.

Berpalingnya Jokowi dari PDIP, diikuti juga dengan elite politik lain yang mengejar kekuasaan.

Peneliti Politik BRIN Profesor Lili Romli mengatakan calon presiden nomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo paling bisa melanjutkan legacy Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close