Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peneliti Sebut Bahan Pasta Gigi Berbahaya untuk Kesehatan Tulang

Jumat, 21 Februari 2020 – 23:40 WIB
Peneliti Sebut Bahan Pasta Gigi Berbahaya untuk Kesehatan Tulang - JPNN.COM
Pasta gigi. Foto: Wikipedia

jpnn.com, JAKARTA - Menyikat dan membersihkan gigi secara teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut. Namun, juga baik untuk memeriksa apakah pasta gigi yang Anda gunakan mengandung bahan kimia berbahaya bagi tulang.

Penilitian terbaru menunjukkan bahwa triclosan, agen antibakteri yang ditambahkan ke pasta gigi bisa menimbulkan masalah pada tulang. Meski bisa mengurangi infeksi gusi dan kesehatan mulut.

Agen antibakteri yang telah ada sejak tahun 1972 itu, triclosan pertama kali digunakan dalam pembuatan scrub bedah untuk rumah sakit. Sejak itu, triclosan digunakan dalam pembuatan sabun, pembersih tangan dan deodoran, bahkan menemukan jalan ke papan pemotong, kartu kredit, tong sampah dan akhirnya pasta gigi. Triclosan juga ada dalam pakaian, mainan, peralatan masak dan furnitur untuk mengurangi atau mencegah kontaminasi bakteri.

Penambahan triclosan ke produk-produk ini memungkinkan pemasar untuk menambahkan label "antibakteri" pada kemasan dan menekankan fitur pada produk-produk tersebut, memberikan konsumen implikasi yang tidak terbukti bahwa produk yang mengandung triclosan (atau agen antibakteri lainnya) bisa mencegah infeksi serius.

Namun, penelitian yang dilakukan pada hewan atau sel manusia di laboratorium selama kurun waktu bertahun-tahun telah menimbulkan kekhawatiran apakah "kebersihan" yang terkait dengan triclosan memiliki efek samping negatif (walaupun tidak diinginkan).

Dilansir dari laman MSN, Kamis (20/2), efek samping itu berupa pengembangan bakteri resisten, fungsi hormonal yang abnormal, dan peningkatan reaksi alergi.

Dengan mempertimbangkan efek samping ini, menggunakan produk yang mengandung triclosan bisa menyebabkan Anda menyerap sejumlah kecil melalui kulit atau mulut Anda, sebagaimana dibuktikan dalam penelitian 2008, yang menemukan bahwa lebih dari 75 persen subjek uji memiliki jumlah triclosan yang bisa dideteksi di urin mereka.

Sementara dampak kesehatan triclosan pada manusia masih belum pasti, FDA kemudian mengambil tindakan untuk menghilangkan penggunaannya, yang mengakibatkan agen antibakteri dilarang dari produk konsumen sejak 2016, dimulai dengan sabun, diikuti dengan pembersih kesehatan pada 2017. Itu juga akan dihilangkan dari pembersih tangan pada April 2020.

Penilitian terbaru menunjukkan bahwa triclosan, agen antibakteri yang ditambahkan ke pasta gigi bisa menimbulkan masalah pada tulang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close