Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peneliti SMRC Sebut Dukungan Jokowi Mengerucut ke Ganjar, Ini Analisisnya

Senin, 02 Oktober 2023 – 14:54 WIB
Peneliti SMRC Sebut Dukungan Jokowi Mengerucut ke Ganjar, Ini Analisisnya - JPNN.COM
Arsip foto - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kanan) bersama Presiden Joko Widodo (tengah) dan bacapres Ganjar Pranowo (kiri) mengikuti pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDI Perjuangan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/Spt/aa.

jpnn.com - JAKARTA - Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai dukungan politik Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengerucut kepada Bakal Calon Presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo.

Hal itu terlihat saat Jokowi dengan sengaja mempertontonkan momen keakraban dirinya bersama dengan Ganjar dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP, Jakarta, Jumat (29/9).

Dia mengatakan bahwa Jokowi sempat menggandeng Mega bersama dengan Ganjar. Selain itu, lanjut dia, Jokowi juga menyebut secara eksplisit Ganjar nanti kalau sehari setelah dilantik langsung bekerja ke dalam ketahanan pangan.

"Menurut saya, Jokowi ingin membantah asumsi dan dugaan sejumlah orang ini bahwa dukungan Pak Jokowi bukan ke Ganjar," kata Saidiman dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (2/10).

Dia menilai sikap yang ditunjukkan Presiden Joko Widodo kepada Megawati dan Ganjar saat rakernas tersebut merupakan sinyal komitmen bahwa Jokowi sejalan dengan kebijakan PDIP yang telah resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres pada Pilpres 2024.

Sekaligus, lanjut dia, menepis anggapan bahwa hubungan antara Jokowi, Megawati, dan Ganjar sedang tidak harmonis.

"Jokowi ingin menunjukkan bila dia masih kader PDIP, dan partainya itu sedang mendukung seseorang bernama Ganjar Pranowo. Saya tidak melihat Pak Jokowi berpaling dari komitmen partai," ujarnya.

Saidiman lantas memaparkan bahwa berdasarkan survei SMRC yang dirilis pada Mei 2023, sebanyak 81,7 persen masyarakat Indonesia puas dengan kinerja Jokowi sebagai presiden.

Peneliti SMRC Saidiman Ahmad menilai dukungan politik Jokowi mengerucut kepada Capres dari PDIP Ganjar Pranowo. Begini analisisnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close