Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peneliti Ungkap Virus Corona Bisa Menyebar Antar-Manusia

Kamis, 23 Januari 2020 – 23:02 WIB
Peneliti Ungkap Virus Corona Bisa Menyebar Antar-Manusia - JPNN.COM
ILUSTRASI: Waspada terhadap penularan penyakit pneumonia berat dari China yang diduga disebabkan virus korona tipe baru. Foto: Antara/Tim Infografis/am.

jpnn.com, JAKARTA - Pemimpin tim ahli kesehatan pemerintah Tiongkok mengumumkan bahwa penularan virus corona baru dari manusia ke manusia telah dikonfirmasi.

Temuan ini bisa menimbulkan kekhawatiran bahwa infeksi tersebut mungkin tidak memerlukan kontak dengan hewan yang terinfeksi untuk terjadi, dan bisa menyebar di antara orang-orang lebih cepat.

Ketua tim peneliti, Zhong Nashan, seorang ahli pernapasan, mengatakan bahwa dua orang di provinsi Guangdong, selatan Tiongkok, terserang virus corona dari anggota keluarga. Beberapa pekerja medis juga tampaknya tertular virus dari pasien.

Tiongkok juga melaporkan peningkatan jumlah orang yang terinfeksi virus corona, termasuk kasus pertama yang muncul di ibukota Tiongkok, Beijing.

Menurut Associated Press, pihak berwenang mengatakan jumlah total kasus sekarang telah mencapai 200. Orang ketiga telah meninggal karena virus corona di Wuhan, kota Tiongkok tengah di mana wabah dimulai.

Media pemerintah Tiongkok mengatakan bahwa dua kasus telah dilaporkan di Beijing dan satu di kota selatan Shenzen. Di Wuhan, jumlah kasus sekarang adalah 198, dengan 136 kasus baru dilaporkan. Infeksi itu diperkirakan berasal dari pasar makanan laut Wuhan, yang telah ditutup untuk penyelidikan.

Virus corona menyebar ke negara-negara tetangga, dengan tiga kasus muncul di Jepang dan Thailand. Kasus pertama yang didiagnosis di Korea Selatan juga diumumkan pada hari Senin lalu.

Untuk membantu membendung penyebaran virus, bandara di setidaknya enam negara Asia telah mulai menscreen penumpang yang datang dari Tiongkok tengah, dan pada hari Jumat, otoritas AS mengatakan tindakan serupa juga dilakukandi bandara San Francisco, Los Angeles dan New York City.

Tim kesehatan pemerintah Tiongkok mengumumkan bahwa penularan virus corona baru dari manusia ke manusia telah dikonfirmasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close