Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Penemuan Tulang Manusia di Lokasi Romusha

Minggu, 29 Mei 2011 – 18:18 WIB
Penemuan Tulang Manusia di Lokasi Romusha - JPNN.COM
PEKANBARU - General Manager PT Angkasa Pura II, Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Anggono Raras melalui Kadiv Ops, Joko Sudarmanto mengatakan, lokasi penemuan tulang manusia di jalan baru menuju Bandara SSK II, Kecamatan Marpoyan Damai, Sabtu (22/5) lalu merupakan lokasi pekerja paksa (romusa) zaman penjajah Jepang dahulu kala.

"Lokasi itu menurut cerita masyarakat setempat adalah tempak pekerja paksa zaman Jepang. Dibuktikan juga dengan adanya tugu lokomotif di jalan Pahlawan Kerja yang menjadi saksinya," kata Joko kepada Riau Pos (grup JPNN).

Dijelaskan Joko juga, bahwa pihaknya baru mengetahui adanya penemuan tulang manusia itu baru diketahui saat adanya heboh oleh pekerja proyek pembangunan jalan baru menuju Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Kecamatan Marpoyan Damai. "Saat ini sedang ditangani pihak kepolisian, dan kami tidak tahu detail bagaimana ceritanya," tuturnya lagi.

Banyak masyarakat yang tidak tahu bahwa lokomotif hitam bertulisan C3322 di depan mereka, bukan hanya tempat penyimpanan barang-barang. Lokomotif tersebut menjadi saksi bisu ribuan pahlawan kerja yang terkubur tepat di bawahnya.

loading...