Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penerapan PLEK Sangat Membantu Petani Batangkaluku Kembangkan Usaha Tani

Sabtu, 11 Desember 2021 – 13:08 WIB
Penerapan PLEK Sangat Membantu Petani Batangkaluku Kembangkan Usaha Tani - JPNN.COM
Penerapan Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK) untuk mendukung pengembangan usaha tani yang berorientasi laba. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, BATANGKALUKU - Kementerian Pertanian (Kementan) terus mengupayakan penguatan kapasitas sumber daya manusia atau SDM pertanian dengan berbagai cara.

Salah satunya pada penerapan analisis keuangan untuk mendukung pengembangan usaha tani yang berorientasi laba.

Upaya mendukung keberhasilan program tersebut perlu adanya peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan pada kelompok tani.

Salah satunya melalui Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK) yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku bekerja sama dengan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) belum lama ini.

Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku Sabir mengatakan bahwa pembelajaran pengelolaan keuangan ini sangat penting bagi para petani.

"Karena petani harus tahu pengelolaan keuangan, supaya petani bisa mengevaluasi usaha yang dilakukan," kata dia melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (11/12).

Sabir optimistis bahwa peserta PLEK bisa terus meningkatkan terus kompetensinya sehingga tujuan program ini secara optimal dapat terwujudkan.

Selepas mengikuti program PLEK, kata Sabri diharapkan keluarga petani memiliki mindset yang lebih maju dalam hal pengelolaan keuangan.

Kementerian Pertanian (Kementan) terus mengupayakan penguatan kapasitas sumber daya manusia atau SDM pertanian dengan berbagai cara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close