Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengamat Ini Punya Analisis Menarik soal Jokowi 3 Periode

Senin, 28 Juni 2021 – 12:26 WIB
Pengamat Ini Punya Analisis Menarik soal Jokowi 3 Periode - JPNN.COM
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/arsip JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga menyoroti sikap Joko Widodo (Jokowi) dan Seknas Jokowi-Prabowo atau Jok-Pro 2024 terkait jabatan presiden tiga periode.

Presiden Jokowi diketahui sudah berulang kali menolak wacana tersebut, tetapi Seknas justru makin kencang mengampanyekannya.

Jamiluddin menilai kampanye itu menimbulkan spekulasi seolah-olah wacana jabatan presiden tiga periode mendapat restu dari Jokowi.

"Spekulasi ini makin berkembang mengingat saat ini belum ada teguran langsung dari Jokowi terhadap sepak terjang Seknas JakPro 2024," kata Jamiluddin kepada JPNN.com, Senin (28/6).

Penulis buku Perang Bush Memburu Osama itu menyebut, wacana jabatan presiden tiga periode seperti layaknya drama dalam teori Dramaturgi.

"Manusia sebagai aktor drama kerap kali menampilkan dirinya yang berbeda pada panggung belakang dan panggung depan," ujar Jamiluddin.

Pada panggung depan, lanjut dia, sang aktor bisa saja menyatakan menolak wacana presiden tiga periode.

Sementara pada panggung belakang yang bersangkutan justru menginginkannya.

Pakar komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga menilai wacana jabatan presiden tiga periode seperti teori Dramaturgi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close