Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com
Soal Perpres TKA

Pengamat: Jangan Beropini Hanya Berdasarkan Spekulasi

Jumat, 04 Mei 2018 – 23:58 WIB
Pengamat: Jangan Beropini Hanya Berdasarkan Spekulasi - JPNN.COM
Tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Arie Sudjito menilai, kontroversi soal Peraturan Presiden Nomor 20/2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA) mengemuka karena dikelola sedemikian rupa oleh pihak oposisi.

Pasalnya, meski telah dijelaskan manfaat dari keberadaan perpres tersebut, isu soal derasnya tenaga kerja asing masuk ke Indonesia tetap menjadi perbincangan hangat di tahun politik jelang Pemilihan Presiden 2019.

“Soal TKA misalnya, itu kan sudah dijelaskan, tapi terus digoreng. Jadi, kesannya modus kepentingan mendahului nalar,” ujar Arie kepada JPNN, Jumat (4/5).

Pengajar di Universitas Gadjah Mada (UGM) ini juga menangkap kesan, perdebatan yang dibangun pihak oposisi tidak berdasarkan data yang akurat. Seringkali malah hanya berdasarkan spekulasi.

"Menaker Hanif Dhakiri kan sudah menjelaskan, dan perpres itu saya kira tujuannya bagus. Tapi digoreng terus oleh oposisi. Malah sering beropini tapi hanya berdasarkan spekulasi. Jadi bukan berdasarkan data," katanya.

Saat ditanya, apakah kontroversi soal Perpres TKA menguntungkan oposisi sehingga terus digoreng sedemikian rupa, Arie menegaskan tergantung pada kondisi yang ada.

"Menguntungkan atau tidak itu proses akumulasi. Saya melihat serangan yang muncul itu kan dikait-kaitkan. Ini yang menyebabkan ketegangan politik," pungkas Arie.(gir/jpnn)

Arie Sudjito menilai kontroversi soal Peraturan Presiden Nomor 20/2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA) mengemuka karena dikelola oleh oposisi.

Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close