Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengamat Minta Jokowi Lebih Mendengarkan Lembaga yang Kredibel

Sabtu, 22 Juni 2024 – 08:20 WIB
Pengamat Minta Jokowi Lebih Mendengarkan Lembaga yang Kredibel - JPNN.COM
Presiden Jokowi. Foto: JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando Emas menduga ada peranan yang berlebih dari relawan Jokowi bernama Projo jika dibandingkan dengan lembaga lain.

Hal tersebut sependapat dengan fakta yang terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi I DPR RI dengan Gubernur Lemhannas dan Sesjen Wantannas di Gedung Nusantara II DPR RI, Kamis (14/6/2024) lalu.

Saat itu, Wakil Ketua Komisi I DPR RI yang juga Wasekjen PDIP Utut Adianto memberikan pernyataan yang mengejutkan.

Menurut Utut, Presiden Jokowi lebih mau mendengar suara dari para relawannya seperti Projo dan Bara JP daripada mendengar Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) dan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

"Apakah memang Projo sudah sampai sehebat itu pengaruhnya terhadap Presiden Jokowi?  Kalau memang benar apa yang disampaikan oleh Utut, berarti Jokowi, saya anggap salah dalam memilih pihak yang dianggap penting diajak diskusi dan pertimbangannya,” kata Fernando, Jumat (21/6/2024).

Dia menduga ada kebijakan presiden Jokowi yang dibisikkan oleh Ketua umum Projo Budi Arie Setiadji yang kini menjabat Menkominfo kurang tepat. Oleh karena itu, sejumlah kebijakan Jokowi justru dinilai tidak tepat oleh rakyat.

"Jangan-jangan karena bisikan dari Projo sehingga belakangan banyak kebijakan Jokowi membuat masyarakat resah dan gusar terhadap pemerintahannya,” ungkapnya.

Fernando mencontohkan belakangan ini ada beberapa kebijakan Jokowi yang dianggap memberatkan masyarakat seperti kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT), kenaikan PPN, dan Tabungan Perumahan Rakyat (TAPERA).

Presiden Jokowi lebih mau mendengar suara dari para relawannya seperti Projo dan Bara JP daripada Wantannas dan Gubernur Lemhannas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close