Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengawasan di Indonesia Mengkhawatirkan

Senin, 16 April 2012 – 08:50 WIB
Pengawasan di Indonesia Mengkhawatirkan - JPNN.COM
TREGEDI yang menimpa Morosini seharusnya tidak hanya menjadi perhatian insan sepak bola di Italia. Di Indonesia pun, hal itu seharusnya jadi pelajaran. Pengawasan terhadap kondisi kesehatan dan khususnya jantung pemain harus dilakukan secara ketat. Agar kasus meninggalnya Eri Irianto dan Jumadi Abdi pada 2000 dan 2009 tidak terulang lagi.

Di Indonesia, ada standar ganda dalam tes kesehatan pemain sepak bola. Untuk pemain asing, lazimnya klub memberlakukan cek kesehatan yang cukup mendetail. Mulai dari fungsi jantung, darah, urine, lever, ginjal, VO2 Max, hingga Kemudian, masih ada lagi tes MRI (magnetic resonance imaging) untuk mengetahui kondisi fisiknya. 

"MRI juga digunakan untuk identifikasi patah tulang dan kerusakan sendi. Kami lihat keadaan otot, ligamen, dan jaringan sekitar lutut. Biasanya yang bisa membacanya adalah dokter radiologi," kata dr. Heri Siswanto, dokter tim Persebaya, bulan lalu.

Namun, untuk pemain lokal, jarang dilakukan tes selengkap itu. Parahnya lagi, PSSI justru tidak punya standar yang jelas soal itu. Mereka malah memberikan kepercayaan kepada klub terkait standar tes kesehatan.

TREGEDI yang menimpa Morosini seharusnya tidak hanya menjadi perhatian insan sepak bola di Italia. Di Indonesia pun, hal itu seharusnya jadi pelajaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close