Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengelolaan Sampah, Solusi dari Timbunan Sampah di Negara Berkembang

Senin, 12 Januari 2015 – 16:01 WIB
Pengelolaan Sampah, Solusi dari Timbunan Sampah di Negara Berkembang - JPNN.COM

India adalah rumah bagi beberapa kota paling kotor di dunia. Seorang pakar lingkungan mengatakan, keberhasilan negara ini untuk membersihkan jalanan di sana akan bergantung pada kemampuannya merevolusi cara mendaur ulang sampah.

Pada bulan Oktober, Perdana Menteri India, Narendra Modi, meluncurkan kampanye ‘India bersih’, sebuah program lima tahun untuk memodernisasi sistem sanitasi negara ini dengan membangun toilet, menyapu jalan-jalan kotor dan membasmi gundukan sampah.

Direktur Pusat Ilmu Pengetahuan dan Lingkungan di New Delhi, Sunita Narain, mengatakan, kota-kota di India tenggelam dalam sampah karena negara ini tidak memiliki sistem pengelolaan sampah.

Pengelolaan Sampah, Solusi dari Timbunan Sampah di Negara Berkembang

"Kami menghasilkan lebih banyak sampah karena kami semakin menjadi masyarakat yang lebih makmur. Kami semakin menggunakan lebih banyak produk yang memiliki lebih banyak plastic, [dan] yang menghasilkan lebih banyak sampah sebagai imbasnya," jelasnya.

Sunita mengatakan, saatnya bagi pemerintah untuk terlibat dalam apa yang, saat ini, disebut sebagai sektor informal yang dijalankan oleh "kaum pemulung" dan pemilik toko sampah, yang menjelajahi tumpukan sampah bau guna mencari barang yang bisa dijual.

Pemulung takutkan kobaran api di tempat pembuangan sampah

Ravi adalah salah seorang dari sekitar 300.000 pemulung yang menghabiskan hari-hari mereka memilah-milah tumpukan sampah bau di ibukota, New Delhi.

India adalah rumah bagi beberapa kota paling kotor di dunia. Seorang pakar lingkungan mengatakan, keberhasilan negara ini untuk membersihkan jalanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA