Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengikut Tarekat Syattariyah Sudah Rayakan Idulfitri

Rabu, 12 Mei 2021 – 13:13 WIB
Pengikut Tarekat Syattariyah Sudah Rayakan Idulfitri - JPNN.COM
Jemaah Tarekat Syattariah berada di halaman Masjid Syaikhuna Habib Muda Seunagan sebelum melaksanakan salat Idulfitri 1442 Hijriah Desa Peuleukung, Seunagan Timur, Nagan Raya, Aceh, Rabu (12/5). Foto: Antara/Syifa Yulinnas

jpnn.com, NAGAN RAYA - Rabu (12/5) pagi, ribuan umat Islam pengikut Tarekat Syattariyah di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, sudah mulai melaksanakan Salat Idulfitri 1442 Hijriah.

Pelaksanaan salat terpantau dipusatkan di dua lokasi masing-masing kawasan Peuleukung Kecamatan Seunagan Timur, Desa Blang Puuk Kecamatan Seunagan, serta di Desa Cot Ganti Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya Aceh.

"Alhamdulillah, pelaksanaan ibadah Salat Id yang kita lakukan hari ini, setelah umat Islam melaksanakan ibadah puasa Ramadan selama tiga puluh hari lamanya," kata Said Kamaruddin selaku imam Salat Id di Nagan Raya.

Menurutnya, penetapan jatuhnya satu Syawal 1442 Hijriah yang dilaksanakan tersebut, sesuai dengan metode perhitungan sistem bilangan lima yang berlaku dalam Islam.

Hal ini juga sesuai dengan musyawarah dan keputusan para ulama dayah pengikut Tarekat Syattariyah, saat menetapkan awal Ramadan dan Hijriah.

Meski sudah melaksanakan ibadah Salat Idulfitri lebih awal, namun pelaksanaan ibadah tersebut tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan yang ketat sesuai anjuran pemerintah, termasuk menyediakan sarana cuci tangan dan sabun.

Para jemaah juga diimbau agar tetap memakai masker dan wajib mencuci tangan sebelum beribadah.

Sementara itu, khatib Idulfitri 1442 Hijriah Teuku Raja Keumangan dalam tausiyahnya mengajak kepada seluruh umat Muslim di Aceh, agar terus meningkatkan ibadah kepada Allah SWT di tengah situasi pandemi COVID-19.

Penetapan satu Syawal 1442 Hijriah yang dilaksanakan sesuai dengan metode perhitungan sistem bilangan lima yang berlaku dalam Islam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close