Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengin Tetap Menikah Beda Agama? Wamenag Zainut: Risikonya Berat

Rabu, 09 Maret 2022 – 09:17 WIB
Pengin Tetap Menikah Beda Agama? Wamenag Zainut: Risikonya Berat - JPNN.COM
Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi memberikan penjelasan mengenai hukum pernikahan beda agama. Foto dokumentasi pribadi for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi mengimbau pasangan yang berbeda agama untuk menyelesaikan dulu masalah keyakinannya sebelum memutuskan menikah.

Sebab, kata Wamenag Zainut risikonya berat, karena pernikahannya tidak akan tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA).

"Kalau perempuan muslim menikahi pria berbeda agama tidak bisa dicatat penghulu KUA, kecuali keduanya sudah seagama," kata Wamenag Zainut kepada JPNN.com, Selasa (8/4).

Dia menegaskan sampai saat ini regulasi yang berlaku di Indonesia adalah Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang perubahan atas UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

Dalam Pasal 2 Ayat 1 dijelaskan bahwa perkawinan dikatakan sah apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agama dan kepercayaannya itu.

Pasal ini pernah diajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK) pada  2014 dan sudah keluar putusan penolakan dari MK.

"Jadi, penting bagi kita untuk melihat persoalan ini dengan kembali pada bagaimana hukum agama itu mengatur perkawinan juga harus memenuhi ketentuan perundang-undangan yang berlaku," tegas Wamenag Zainut

Dia melanjutkan perkawinan adalah peristiwa sakral yang tidak bisa dipisah dari konteks agama. Di dalam ajaran Islam sangat jelas bahwa perkawinan itu adalah ibadah, tidak bisa dilepas dari agama.

Wamenag Zainut mengimbau pasangan beda agama untuk menyelesaikan masalah keyakinannya sebelum memutuskan menikah beda agama karena risikonya berat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close