Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengumuman: Inilah Tanggal Pelatihan P3PD Secara Nasional

Jumat, 15 September 2023 – 19:00 WIB
Pengumuman: Inilah Tanggal Pelatihan P3PD Secara Nasional - JPNN.COM
Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Eko Prasetyanto saat menerima Bupati Ende, NTT, Djafar H Ahmad di Jakarta, Jumat (15/9/2023). Foto: Humas Ditjen Pemdes

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah akan menggelar pelatihan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) secara nasional dan serentak pada 21 September 2023, di Bandung, Jawa Barat.

Kegiatan tersebut digelar karena pemerintah pusat bertekad untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa supaya dapat menjalankan kebijakan belanja yang berkualitas.

Pelatihan P3PD ini akan dilakukan secara daring dan luring yang melibatkan stakeholder terkait seperti Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Regional Management Concultant (RMC).

"Dalam acara tersebut nanti akan ada pengarahan Bapak Menteri (Menteri Dalam Negeri) untuk pelatihan serentak di Indonesia," kata Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Bina Pemdes Kemendagri) Eko Prasetyanto Purnomo Putro saat menerima Bupati Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) Djafar H Ahmad di Gedung Bina Pemdes Kemendagri, Jakarta, Jumat (15/9).

Eko menjelaskan, P3PD merupakan program kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Bank Dunia (World Bank).

Dirjen Bina Pemdes Eko Prasetyanto mengatakan, program ini merupakan salah satu upaya pemerintah pusat untuk mendampingi pemerintahan desa supaya kapasitasnya meningkat dan kemudian dapat menyejahterakan warganya.

Sebelumnya, dalam berbagai kesempatan, Eko menjelaskan, dalam upaya pemerataan pembangunan, pemerintah pusat telah memberikan perhatian besar kepada desa berupa alokasi anggaran dana desa yang terus meningkat.

Eko Prasetyanto menyebutkan, sejak 2015 sampai 2022 total Dana Desa yang telah dialokasikan mencapai Rp 468,65 triliun.

Ditjen Bina Pemdes Kemendagri akan menggelar pelatihan P3PD untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close