Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengumuman: Jalur Pendakian Gunung Budheg Ditutup

Selasa, 26 September 2023 – 07:37 WIB
Pengumuman: Jalur Pendakian Gunung Budheg Ditutup - JPNN.COM
Petugas dan relawan mencoba memadamkan kobaran api yang merembet di lereng Gunung Budheg Tulungagung, Senin (25/9/2023) ANTARA/HO-Humas Polres Tulungagung

jpnn.com, TULUNGAGUNG - Jalur pendakian menuju destinasi wisata di puncak Gunung Budheg (550 mdpl) Tulungagung, Jawa Timur ditutup total dari akses pengunjung.

Penutupan itu imbas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menghanguskan area lereng gunung purba seluas 10 hektare tersebut.

"Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jalur pendakian (Gunung Budheg) sementara ditutup," kata Kasi Humas Polres Tulungagung Iptu Anshori di Tulungagung, Selasa (26/9).

Penutupan aktivitas pendakian maupun kunjungan wisata dikarenakan titik api dampak karhutla belum sepenuhnya padam.

Terkini, kepulan asap di beberapa titik lereng masih terpantau imbas kebakaran hutan yang melanda sebagian besar kawasan Gunung Budheg sejak Senin (25/9) siang.

Walakin, kebakaran tidak sampai merembet ke areal pemukiman warga. Jarak titik api ke permukiman yang cukup dekat sempat menimbulkan kekhawatiran bencana meluas ke perkampungan.

"Untuk sementara api bisa dilokalisasi dengan peralatan yang ada oleh petugas gabungan bersama warga dan relawan. Semoga tidak muncul (api) lagi," ucapnya.

Hingga kini polisi masih mengidentifikasi penyebab kebakaran. Namun, merunut riwayat, karhutla di kawasan tu sudah terjadi empat kali dalam lima tahun terakhir.

Jalur pendakian menuju puncak Gunung Budheg ditutup polisi imbas kebakaran hutan dan lalhan (karhutla) yang menghanguskan tanaman di gunung purba itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close