Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gunung Ibu di Maluku Utara Erupsi, Melontarkan Abu Setinggi 1.500 Meter

Senin, 25 September 2023 – 11:53 WIB
Gunung Ibu di Maluku Utara Erupsi, Melontarkan Abu Setinggi 1.500 Meter - JPNN.COM
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekam aktivitas erupsi setinggi 1,5 kilometer yang keluar dari kawah Gunung Ibu di Maluku Utara, Senin (25/9/2023). ANTARA/HO-PVMBG

jpnn.com - JAKARTA - Gunung Ibu di Maluku Utara, mengalami erupsi, Senin (25/9). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menginformasikan kejardian erupsi berupa lontaran abu setinggi lebih kurang 1,5 kilometer keluar dari kawah Gunung Ibu.

Petugas Pos Pemantauan Gunung Ibu Ahmad Basuki menyampaikan erupsi itu terjadi pukul 07.12 WIT dengan kolom abu tebal berwarna kelabu mengarah ke timur laut.

"Erupsi itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 milimeter dan durasi lebih kurang 1 menit 36 detik," kata Ahmad Basuki dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (25/9).

Ahmad menuturkan ancaman bahaya erupsi masih jauh dari lokasi permukiman penduduk yang berjarak enam sampai tujuh km dari kawah gunung api tersebut.

Gunung Ibu berstatus waspada atau level II terhitung sejak 10 Desember 2013 hingga sekarang.

PVMBG mencatat gunung api di barat laut Pulau Halmahera, itu mengalami 33 kali erupsi sejak 1 Januari 2023 hingga 25 September 2023.

Gunung Ibu merupakan gunung api bertipe strato volcano yang memiliki ketinggian 2.825 meter di atas permukaan laut terletak di barat laut Pulau Halmahera, Maluku Utara.

Puncak gunung merupakan kawah vulkanik.

Gunung Ibu di Maluku Utara, mengalami erupsi, Senin (25/9), melontarkan abu setinggi kurang lebih 1.500 meter.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close