Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengumuman Penting dari BPH Migas selama Periode Lebaran 2022

Senin, 25 April 2022 – 13:36 WIB
Pengumuman Penting dari BPH Migas selama Periode Lebaran 2022 - JPNN.COM
Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menyampaikan informasi penting terkait keteresediaan energi di dalam negeri. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menyampaikan informasi penting terkait keteresediaan energi di dalam negeri.

Kepala BPH Migas Erika Retnowati mengatakan ketersediaan bahan bakar minyak berupa bahan bakar minyak, elpiji, hingga listrik selama periode Lebaran 2022 terpantau normal.

Menurutnya, ketahanan untuk Pertalite selama 17 hari, Pertamax selama 32 hari, Pertamax Turbo selama 59 hari, Solar selama 21 hari, Dexlite selama dua hari, Pertamina Dex selama 72 hari, Avtur selama 37 hari, dan Kerosene selama 45 hari.

"Total gasoline (bensin) diprediksi akan meningkat kurang lebih lima persen karena peningkatan arus mudik yang didominasi oleh mobil pribadi dan sepeda motor," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Erika menjelaskan bahan bakar jenis gasoil (solar) justru menurun lima persen karena sudah mulai adanya pembatasan kendaraan logistik dan truk besar.

Kendaraan-kendaraan itu akan dilarang memasuki jalan tol maupun nontol selama arus mudik Lebaran pada 28 April sampai 1 Mei 2022, kemudian saat arus balik Lebaran pada 7-9 Mei 2022.

"Untuk kondisi ketersediaan elpiji selama masa posko nasional juga dalam kondisi normal dengan masa ketahanan adalah 13 hari per 23 April 2022 lalu," bebernya.

BPH Migas memproyeksikan penyaluran elpiji secara umum selama periode Lebaran tahun ini akan naik sekitar tiga persen dibandingkan rata-rata penyaluran normal.

Kemudian, untuk sektor listrik, prognosa sistem kelistrikan secara umum dalam kondisi aman dengan daya mampu pasok sebanyak 43,30 gigawatt.

"Beban puncak listrik diperkirakan berada pada angka 32,20 gigawatt dengan cadangan operasi sebesar 11,19 gigawatt atau 34,78 persen," jelas Erika.

Menjelang arus mudik Lebaran 2022, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menyelenggarakan posko nasional sektor ESDM dengan menunjuk BPH Migas sebagai koordinator pelaksana.

Posko nasional itu berlangsung selama 17 hari, yaitu sejak 25 April sampai 11 Mei 2022 dan terdapat empat posko, yaitu posko BBM, posko elpiji dan gas bumi, posko listrik, dan posko antisipasi bencana geologi.

“Posko ini memiliki tugas untuk memastikan ketersediaan BBM, gas, listrik dan kondisi kebencanaan agar selalu update sehingga apabila ada kendala-kendala langsung bisa ditangani dengan cepat, dan tidak mengganggu aktivitas hari raya masyarakat," tegas Erika. (antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menyampaikan informasi penting terkait keteresediaan energi di dalam negeri.

Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close