Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penipuan di Facebook Marketplace Makin Marak, Ini Cara untuk Menghindarinya

Jumat, 10 Maret 2023 – 23:01 WIB
Penipuan di Facebook Marketplace Makin Marak, Ini Cara untuk Menghindarinya - JPNN.COM
Para pengguna Facebook Marketplace membuat peringatan sendiri mengenai kemungkinan penipuan. (ABC Sunshine Coast: Olivia Mason)

Adam Donovan mengatakan dia tidak menduga akan menjadi sasaran penipuan hanya beberapa jam setelah dia hendak menjual sofa tua miliknya di Facebook Marketplace. 

Adam yang bekerja di sebuah toko IT di Noosa di negara bagian Queensland mengatakan ia beruntung bisa membedakan mereka yang betul-betul ingin membeli barang atau penipu.

Namun, ia mengatakan dari contoh di tempat kerjanya saja, banyak yang tidak menyadari mereka bisa menjadi korban penipuan.

"Saya sudah banyak melihat bentuk penipuan di Facebook, sehingga hal pertama yang saya lakukan adalah mengecek profil orang yang mengirim pesan, dan kemudian melihat informasi apa saja yang ada di akun mereka," katanya.

"Semua postingan mereka berasal dari setahun atau dua tahun yang lalu, dan tidak ada satu pun posting dalam bahasa Inggris, sehingga mereka kemungkinan besar tidak berasal dari Sunshine Coast dan tidak akan tertarik untuk membeli sofa.

Adam mengatakan akun-akun palsu ini berusaha membayar dengan sistem PayID, yang menggunakan informasi nomor telepon atau email yang dihubungkan dengan akun bank mereka.

Adam mengatakan ketika dia memberikan nomor telepon, para penipu ini berusaha untuk mendapatkan alamat emailnya juga.

"Ketika mereka sudah mengetahui email kita, mereka akan mengirimkan berbagai hal untuk menipu, mereka bisa mengirim virus, atau mengirim dokumen yang seolah PDF tapi sebenarnya bukan, yang saat dibuka akan membuat komputer kita dimasuki virus sehingga membuat penipu bisa mengaksesnya," katanya.

Para pengguna media sosial Facebook di Australia sekarang melihat semakin banyak bentuk penipuan dan melakukan berbagai usaha mandiri untuk memperingatkan yang lain

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close