Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penny Lukito Singgung Soal Keamanan Pangan Para Kepala Negara Peserta KTT G20

Rabu, 05 Oktober 2022 – 22:43 WIB
Penny Lukito Singgung Soal Keamanan Pangan Para Kepala Negara Peserta KTT G20 - JPNN.COM
Kepala BPOM RI Penny K Lukito saat menyampaikan kesiapan BPOM mengawal keamanan pangan bagi peserta KTT G20 Bali dalam Rapat Persiapan yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan di Bali, Selasa (4/10/2022). ANTARA/HO-BPOM

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito mengatakan pihaknya siap mengambil tugas penting pada pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi G20 ke-17 di Bali, 15-16 November 2022.

Menurutnya, BPOM akan mengawal keamanan pangan para peserta KTT, terutama kepala negara dan menteri yang akan hadir.

"Kami akan mengawal saat acara dan persiapan jauh sebelumnya, mengawal keamanan pangan memenuhi cara produksi pangan olahan yang baik (CPPOB)," ujar Penny K Lukito di Jakarta, Rabu (5/10).

Menurut Penny pengawalan keamanan pangan mengacu pada Keputusan Kepala BPOM Nomor HK.04.01.1.22.05.19.1573 Tahun 2019 Tentang Pedoman Pengawalan Keamanan Pangan Presiden, Wakil Presiden, dan Tamu Negara.

Menurut Penny, pengawalan didahului dengan pemeriksaan CPPOB di sarana pengolahan pangan dan sampling pengujian bahan baku maupun produk jadi pangan.

"Standar kepala negara, yaitu zero tolerance atau tidak ada temuan positif pada seluruh parameter uji."

"Seluruh pangan olahan meliputi pangan kemasan dan pangan siap saji, termasuk bahan baku pangan harus memenuhi ketentuan," kata Penny.

Selain itu, BPOM juga akan mengawasi peredaran pangan secara umum di sekitar lokasi dan tempat wisata, termasuk keamanan dan mutu pangan unggulan yang dipromosikan di rangkaian acara G20.

Kepala BPOM Penny Lukito menyinggung soal keamanan pangan para tokoh dunia yang akan menghadiri KTT G20.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close