Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penting Diketahui, Gejala Pertama COVID-19 Adalah Demam Bukan Batuk-Batuk

Jumat, 21 Agustus 2020 – 10:17 WIB
Penting Diketahui, Gejala Pertama COVID-19 Adalah Demam Bukan Batuk-Batuk - JPNN.COM
Penelitian terbaru mendukung kebijakan yang sudah dilakukan bagi pengecekan suhu tubuh dengan demam sebagai gejala pertama COVID-19. (Reuters)

Bagaimana membedakan apakah kita mengidap virus corona atau kita hanya terkena flu biasa? Mungkin bisa diketahui dari urutan gejalanya.

Gejala tertular COVID-19 hampir memiliki gejala yang sama saat tertular virus lainnya, seperti flu biasa, sehingga membuat penderitanya susah mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dalam tubuh mereka.

Tapi sekarang para peneliti mulai dapat memberikan gambaran saat kita tertular virus corona, maka gejala pertama yang dialami adalah demam. Sementara saat mengalami flu biasa gejala pertamanya adalah batuk.

Sebuah penelitian yang baru diterbitkan di jurnal Frontiers in Public Health oleh peneliti di University of South California (USC) di Amerika Serikat menggunakan data dari sekitar 55 ribu kasus positif COVID-19.

Para peneliti mengatakan gejala awal terkena corona memiliki gejala yang berurutan, yakni:

  1. Demam
  2. Batuk
  3. Rasa mual dan atau muntah
  4. Diare

Pentingnya kemampuan membedakan antara terkena flu dan virus corona ini sangat penting, karena COVID-19 memiliki potensi penularan dua atau tiga kali lebih tinggi dibandingkan flu.

"Urutan gejala ini penting diketahui ketika ada penyakit musiman yang sama seperti flu saat ada penularan COVID-19," kata peneliti Peter Kuhn, professor kedokteran dan biomedis dari USC.

Namun menurut data Departemen Kesehatan di Australia, batuk lebih banyak dilaporkan sebagai gejala pertama di kalangan pasien COVID-19, yaitu sebanyak 42 persen dibandingkan demam yang hanya 30 persen.

Bagaimana membedakan apakah kita mengidap virus corona atau kita hanya terkena flu biasa? Mungkin bisa diketahui dari urutan gejalanya

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close