Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pentingnya Membangun Pemahaman Masyarakat Dalam Kerja sama Bilateral Indonesia-China

Senin, 08 Juni 2020 – 13:10 WIB
Pentingnya Membangun Pemahaman Masyarakat Dalam Kerja sama Bilateral Indonesia-China - JPNN.COM
Proses smelter (Ilustrasi). Foto dok Antaranews

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Hubungan Internasional, Jona Widhagdo Putri berharap kerja sama bilateral Indonesia-China bisa meningkatkan kepercayaan kedua negara untuk pulih secara ekonomi dari pandemi covid-19 yang dialami dunia.

Menurut Jona hal itu bisa mulus berjalan bila pemerintah bisa membangun pemahaman masyarakat Indonesia terkait kerja sama bilateral Indonesia-China.

“Dalam tiga tahun terakhir, investasi China di Indonesia mengalami peningkatan khususnya pada sektor industri logam, industri listrik, dan pembangunan infrastruktur publik. Ekspor produk industri logam juga tetap bergeliat walau pada masa pandemi, hal ini sangat membantu ekonomi Indonesia yang tengah terdampak oleh covid-19," ujar Jona.

Sebelumnya, kebijakan pelarangan ekspor bijih nikel disebut membawa dampak positif pada meningkatnya investasi China di Indonesia, khususnya di bidang industri pengolahan logam, di antaranya dengan pembuatan pabrik peleburan (smelter) yang mengolah bijih nikel menjadi feronikel atau nickel pig iron dan hilirisasi produk turunan lainnya.

Di sisi lain, investasi ini juga turut memicu polemik dengan rencana kedatangan 500 TKA China untuk pembangunan smelter di Kawasan Industri Morosi, Konawe, Sulawesi Tenggara.

Jona melihat dalam tiga tahun terakhir peningkatan investasi China di Indonesia sebagian besar berada pada sektor industri logam, industri listrik dan pembangunan infrastruktur publik.

Karena itu, manajemen dan tim pakar serta teknisi dari China diperlukan untuk penyelesaian pembangunan proyek tersebut.

Selain itu, penggunaan tenaga kerja asing bisa diperkenankan, namun perlu dipastikan bahwa investasi tersebut menciptakan lapangan kerja lokal, mengaplikasikan transfer teknologi serta membawa manfaat bagi warga lokal, menjaga kelestarian lingkungan hidup, dan berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Kerja sama bilateral Indonesia-China diharapkan bisa meningkatkan kepercayaan kedua negara untuk pulih secara ekonomi dari pandemi covid-19 yang dialami dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close