Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pentingnya Pelatihan BOSIET Bagi Pekerja Lepas Pantai

Rabu, 04 September 2024 – 16:20 WIB
Pentingnya Pelatihan BOSIET Bagi Pekerja Lepas Pantai - JPNN.COM
Pelatihan keselamatan bagi para pekerja lepas pantai, salah satunya Basic Offshore Safety Induction and Emergency Training (BOSIET). Foto: Dok. BOSIET

jpnn.com, JAKARTA - Keselamatan para pekerja lepas pantai merupakan salah satu hal penting dalam produksi minyak mentah.

Secara langsung atau tidak, pekerja itu berperan di balik fluktuasi angka banderol harga bahan bakar minyak non-subsidi di stasiun pengisian bahan bakar (SPBU).

Maka aspek-aspek keselamatan pekerja lepas pantai, baik di sektor minyak dan gas maupun yang lain, merupakan hal yang penting dijamin oleh perusahaan tempat mereka bekerja dan bahkan negara.

Secara internasional program perlindungan bagi para pekerja lepas pantai di sektor minyak dan gas, telah diatur oleh World Health Organization (WHO) dan dikembangkan oleh Organisasi Pelatihan Minyak, Gas, dan Industri Tenaga (OPITO).

Melalui program OPITO dilaksanakan pelatihan standar internasional yang untuk memberikan pelatihan dasar tentang keselamatan, keadaan darurat, dan evakuasi bagi personel yang bekerja di industri perminyakan dan gas lepas pantai.

Pelatihan tersebut yakni Basic Offshore Safety Induction and Emergency Training (BOSIET) yang berbasis pada basic sea survival.

Di Indonesia, salah satu perusahaan yang mampu menyelenggarakan pelatihan BOSIET adalah PT. Davai Karya Pratama yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat.

Pada pekan lalu, PT. Davai Karya Pratama memberikan pelatihan Tropical BOSIET atau induksi keselamatan lepas pantai dasar dan pelatihan darurat di kondisi iklim tropis bagi PT. Oil Spill Combat Team, Indonesia (OSCT).

Keselamatan para pekerja lepas pantai merupakan salah satu hal penting dalam produksi minyak mentah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA