Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pentolan Honorer K2 Nilai Ide Pak Jokowi Terdengar Sangat Aneh

Jumat, 29 November 2019 – 07:07 WIB
Pentolan Honorer K2 Nilai Ide Pak Jokowi Terdengar Sangat Aneh - JPNN.COM
Korwil PHK2I DKI Jakarta Nur Baitih. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Keinginan Presiden Joko Widodo untuk menggantikan jabatan eselon III dan IV dengan robot pintar atau artificial intelligence (AI) mengundang reaksi honorer K2. Wacana tersebut dinilai mematikan peluang honorer K2.

“Serem amat diganti robot. Honorer kan banyak banget, ngapain pakai robot,” kata Koordinator Wilayah Perkumpulan Hononer K2 Indonesia (PHK2I) Nur Baitih kepada JPNN.com, Jumat (29/11).

Menurut Nur, ide tersebut kedengarannya sangat aneh dan janggal. Mengingat honorer K2 masih ada. Belum lagi honorer, PTT, dan lainnya yang sampai saat ini masih aktif bekerja.

"Rencana pemangkasan eselon III dan IV enggak apa-apalah. Mungkin untuk efisiensi tetapi kalau digantinya sama robot jauh dari pemikiran nalar saya dan teman-teman honorer," terangnya.

Nur menambahkan, pembuatan robot butuh biaya besar, mendingan uangnya dialihkan ke honorer yang sudah lama mengabdi. "Tadinya kami sempat GR (gede rasa) sih. Kami kira pengganti eselon III dan IV, jangan-jangan mau diisi buat pengangkatan honorer. Eehhh, ternyata enggak bener juga," ujarnya.

"Kan kami pikir honorer diangkat PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) terus mengisi eselon III dan IV. Ternyata salah, meleset jauh lagi," sambungnya.

Kalau sampai wacana itu benar direalisasikan, Nur mengatakan, pemerintah memang tidak menghargai honorer sama sekali.

Saat meresmikan Pembukaan Kompas100 CEO Forum Tahun 2019 di Grand Ballroom Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Pusat, Kamis (28/11), Jokowi mengaku sudah memerintahkan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo untuk menggantikan jabatan eselon III dan IV dengan robot pintar atau AI.

Pentolan Honorer K2 ini mengira honorer diangkat PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) untuk mengisi Eselon III dan IV. Ternyata salah, meleset jauh lagi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close