Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penyakit Gondok Bisa Sebabkan Kemandulan

Kamis, 27 Mei 2010 – 07:46 WIB
Penyakit Gondok Bisa Sebabkan Kemandulan - JPNN.COM
MEDAN- Penyakit gondok (hypertiroid) ternyata bisa menyebabkan kemandulan dan gangguan pertumbuhan janin pada ibu hamil.

Menurut dr Mardianto SpPD saat menyampaikan makalahnya dalam seminar memperingati Hari Tiroid se-dunia, di RSU dr Pirngadi Medan mengatakan penyakit tiroid dapat membesar disebabkan beberapa faktor, di antaranya disebabkan berlebihnya produksi hormon dan karena kekurangan yodium.

"Ini sering terjadi pada masyarakat walaupun tidak seperti penyakit diabetes mellitus. Namun komplikasinya bisa kepada yang lain," kata Mardianto SpPD, Selasa (25/5).

Meski belum ada data jumlah penderita penyakit gondok di Indonesia karena sedang dilakukan penelitian, hypertiroid atau terlalu banyaknya hormon-hormon tiroid di dalam tubuh, dapat berdampak kepada jantung. Bahkan, kalau terjadi pembesaran terjadi gangguan pada leher dan kalau lebih besar lagi dapat menyebabkan kanker tiroid.

MEDAN- Penyakit gondok (hypertiroid) ternyata bisa menyebabkan kemandulan dan gangguan pertumbuhan janin pada ibu hamil. Menurut dr Mardianto SpPD

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close