Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penyebab Asam Urat pada Generasi Milenial

Senin, 22 April 2019 – 04:56 WIB
Penyebab Asam Urat pada Generasi Milenial - JPNN.COM
Penderita obesitas. Foto/ilustrasi: Daily Telegraph

jpnn.com - Penyakit asam urat atau dikenal sebagai gout biasanya menyerang mereka yang sudah lanjut usia. Namun, saat ini asam urat juga banyak ditemui pada generasi milenial yaitu mereka yang lahir pada kurun waktu 1981-1996.

Lalu apa ya, penyebab kelompok muda ini rentan mengalami asam urat?

Kaitan antara penyakit asam urat dan generasi milenial dibuktikan lewat studi yang dilakukan oleh Luke Mintz, bahwa generasi milenial usia 20-30 tahun sekarang sudah banyak yang terkena penyakit gout. Studi lain di Inggris mengemukakan bahwa sejak 2012 kasus, gout pada generasi milenial tercatat meningkat sekitar 30 persen.

Lalu sebetulnya apa yang menyebabkan generasi ini mengalami asam urat?

Sebetulnya penyebabnya bisa beragam, tetapi yang paling sering terjadi adalah akibat gaya hidup, khususnya yang berkaitan dengan pola makan.

Sebelum membahas kaitan antara penyakit asam urat dan generasi milenial, mari ketahui penyakit ini lebih dalam.

Gejala dan penyebab umum penyakit asam urat

Penyakit gout merupakan suatu kondisi medis terjadinya gangguan metabolisme asam urat di dalam tubuh. Akibatnya, terjadi peningkatan kadar asam urat dalam tubuh, yang mana kristal asam urat yang menumpuk di jaringan tubuh akan menyebabkan inflamasi (peradangan) pada persendian (artritis).

Banyak generasi milenial yang menganggap bahwa mereka tak bisa terkena asam urat karena usia yang masih muda. Itulah yang membuat mereka cenderung tidak memperhatikan pola makan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close