Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penyebab Kanker yang Tersembunyi di Rumah Anda

Selasa, 17 Desember 2013 – 11:59 WIB
Penyebab Kanker yang Tersembunyi di Rumah Anda - JPNN.COM

jpnn.com - KANKER merupakan penyakit yang ditakuti banyak orang. Gaya hidup tidak sehat paling sering disebut menjadi penyebab kanker. Meski demikian, di lingkungan sekitar termasuk rumah, sebenarnya bisa kita temui beberapa penyebab kanker. Berikut ini enam penyebab kanker yang ada di rumah anda dan keberadaannya pun seringkali tidak disadari.

1. Bisphenol A dan botol plastik

Bisphenol A (BPA) adalah bahan kimia yang umumnya digunakan untuk produk plastik termasuk kartu kredit, interior mobil, bahkan botol susu bayi. Jika memasuki tubuh manusia, BPA bisa mengganggu proses biologi tubuh dan hormon yang salah satunya adalah estrogen.

Studi terbaru menyebutkan bahwa BPA bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Bahan kimia itu bisa masuk ke tubuh jika plastik yang mengandung BPA dipanaskan. Maka dari itu, sebaiknya hindari botol plastik yang memiliki kode nomor 3,6, dan 7.

"Langkah yang lebih baik yaitu gunakan botol plastik hanya sekali pakai dan jika ingin memanaskan sesuatu menggunakan botol, gunakanlah botol kaca," kata kepala riset di The Cancer Association of South Africa (CANSA), Dr. Carl Albrecht, seperti dilansir laman News24, Senin (16/12).

2. Plasticisers (peliat)

Peliat adalah bahan kimia yang dikenal dengan DEHP dan DEHA yang biasa digunakan untuk membuat plastik lebih lembut dan lengket. Bahan itu pula yang membuat pembungkus plastik (clingwrap) bisa merekat erat ke sebuah produk seperti parsel buah atau daging. DEHP dan DEHA telah terbukti menyebabkan perkembangan sel kanker pada hewan percobaan di beberapa studi.

Peliat bisa masuk ke dalam tubuh dengan meresap ke makanan yang dibungkus dengan rapat seperti keju dan daging. Proses migrasi ke dalam tubuh dipercepat ketika makanan yang dibungkus clingwrap dipanaskan dengan microwave.

KANKER merupakan penyakit yang ditakuti banyak orang. Gaya hidup tidak sehat paling sering disebut menjadi penyebab kanker. Meski demikian, di lingkungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA