Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penyebaran Covid-19 Bakal Naik saat Nataru, LaNyalla: Pemerintah Harus Siap

Rabu, 07 Desember 2022 – 14:54 WIB
Penyebaran Covid-19 Bakal Naik saat Nataru, LaNyalla: Pemerintah Harus Siap - JPNN.COM
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Foto: Tim DPD

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah harus menyiapkan kebijakan untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 varian XBB yang berpotensi naik pada momen Natal dan Tahun Baru.

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengatakan hal itu, dan menurutnya keputusan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM menjelang libur Nataru pada 6 Desember 2022 hingga 9 Januari 2023 harus terus digencarkan.

"Ingat, beberapa pekan ini jumlah kasus aktif penularan virus Covid-19 kembali meningkat cukup tajam. Jumlah ini berpotensi naik signifikan saat libur Nataru karena pergerakan masyarakat diperkirakan melonjak. Pemerintah harus bersikap untuk mengendalikannya," kata LaNyalla, Rabu (7/12).

Senator asal Jawa Timur itu mengatakan, potensi penyebaran itu makin besar mengingat realisasi vaksin booster yang melambat seiring dengan kejenuhan masyarakat menghadapi wabah Covid-19.

LaNyalla pun mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

Sebelumnya, pemerintah kembali memperpanjang PPKM menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2023, mulai 6 Desember 2022 hingga 9 Januari 2023.

Perpanjangan PPKM ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 50 Tahun 2022 untuk Jawa-Bali dan Inmendagri Nomor 51 Tahun 2022 untuk luar Jawa Bali.

Seluruh wilayah, baik di Jawa, Bali, maupun di luar pulau tersebut masih berstatus level 1. Penentuan level berdasarkan indikator yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

Penyebaran Covid-19 varian XBB berpotensi naik signifikan saat libur Natal & Tahun Baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close