Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peran Nyata BRI Menopang Ekonomi Nasional, Portofolio Kredit UMKM Terbesar di Indonesia

Jumat, 26 Juli 2024 – 11:12 WIB
Peran Nyata BRI Menopang Ekonomi Nasional, Portofolio Kredit UMKM Terbesar di Indonesia - JPNN.COM
Direktur Utama BRI Sunarso saat memaparkan kinerja keuangan triwulan II 2024 PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk di Jakarta pada Kamis (25/7). Foto: Dokumentasi BRI

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menunjukkan komitmen dalam menopang perekonomian nasional melalui pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan hingga akhir Juni 2024, perseroan berhasil menyalurkan kredit kepada segmen UMKM senilai Rp 1.095,64 triliun atau setara 81,69 persen dari total penyaluran kredit BRI.

“Salah satu bentuk komitmen BRI dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, yakni dengan tetap mendorong penciptaan lapangan pekerjaan khususnya pada segmen UMKM melalui penyaluran kredit yang berkualitas,” ujar Sunarso dalam paparan kinerja keuangan BRI triwulan II 2024 di Jakarta, Kami (25/7).

Adapaun perinciannya, lanjut Sunarso, penyaluran kredit BRI kepada segmen UMKM senilai Rp 1.095,64 triliun terdiri dari segmen mikro sebesar Rp 623 triliun, segmen kecil Rp 232,3 triliun, segmen konsumer Rp 198,8 triliun dan segmen menengah senilai Rp 41,5 triliun.

Pemberdayaan terhadap UMKM merupakan hal yang krusial, mengingat UMKM merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia.

Dari sisi jumlah, UMKM mencapai 99 persen dari keseluruhan unit usaha.

Sementara itu pada 2023 lalu, pelaku UMKM mencapai sekitar 66 juta dengan kontribusi mencapai 61 persen dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia, atau setara Rp 9.580 triliun.

UMKM juga berperan besar dalam penyerapan lapangan pekerjaan dengan menyerap sekitar 117 juta pekerja (97 persen) dari total tenaga kerja.

BRI terus menunjukkan peran nyatanya dalam menopang ekonomi nasional melalui pemberdayaan UMKM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA