Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perang Facebook Vs Pemerintah Australia Selesai, Siapa yang Kalah?

Jumat, 26 Februari 2021 – 22:28 WIB
Perang Facebook Vs Pemerintah Australia Selesai, Siapa yang Kalah? - JPNN.COM
Siapa yang lebih dulu goyah? Pendiri Facebook Mark Zuckeberg dan Bendahara Australia Josh Frydenberg. (Reuters/ABC News)

Konten berita dari Australia kembali muncul di Facebook setelah raksasa media sosial itu setuju membatalkan pemblokiran konten berita bagi penggunanya di Australia.

Halaman Facebook untuk outlet berita termasuk ABC, Herald Sun, Seven Network dan Sydney Morning Herald telah dipulihkan hari Jumat ini (26/02).

Langkah itu dilakukan sepekan setelah Facebook memblokir pengguna Australia dari fasilitas berbagi atau mengunggah tautan berita dari Australia.

Facebook mengatakan langkah tersebut merupakan tanggapan atas 'media bargaining code' yang diusulkan Pemerintah Australia.

Apa itu 'media bargaining code' di Australia?

Perang Facebook Vs Pemerintah Australia Selesai, Siapa yang Kalah?
Australia miliki aturan untuk atasi ketidakseimbangan pendapatan iklan antara perusahaan teknologi besar seperti Facebook dan Google dengan perusahaan media.

 

Kini setelah perseteruan itu berakhir, baik Facebook maupun pemerintah Australia sama-sama menganggap diri masing-masing sebagai pemenang.

Rancangan peraturan 'media bargaining code' akhirnya disahkan oleh Senat pada Selasa malam (22/02), yang berarti Pemerintah Australia sekarang dapat memiliki otoritas untuk meminta perusahaan besar digital, seperti Facebook dan Google bernegosiasi dengan perusahaan media untuk membayar konten berita yang muncul di 'Google Search' atau 'Newsfeed' di Facebook.

Tampaknya ini adalah akhir dari negosiasi bos Facebook Mark Zuckerberg dan Bendahara Australia Josh Frydenberg pekan ini.

Konten berita dari Australia kembali muncul di Facebook setelah raksasa media sosial itu setuju membatalkan pemblokiran konten berita bagi penggunanya di Australia

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close