Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perangi TPPO, Rieke Minta Dukungan Komnas HAM

Selasa, 01 Agustus 2023 – 08:27 WIB
Perangi TPPO, Rieke Minta Dukungan Komnas HAM - JPNN.COM
Aktivis Pekerja Migran Indonesia (PMI) Rieke Diah Pitaloka membawa kasus PMI asal Karawang, Jawa Barat, Dede Asiah (DA), yang terindikasi menjadi korban TPPO. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Aktivis Pekerja Migran Indonesia (PMI) Rieke Diah Pitaloka membawa kasus PMI asal Karawang, Jawa Barat, Dede Asiah (DA), yang terindikasi menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) kepada Komnas HAM.

Rieke menjelaskan, kedatangannya ke Komnas HAM sekaligus sebagai rangkaian peringatan Hari Anti TPPO Internasional.

"Saya dampingi suami (Yongki, red) dari Dede Asiah," katanya di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Senin (31/7).

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini menambahkan, kedatangan mereka disambut baik. Buktinya, dukungan penuh dari Komnas HAM pun telah dikantongi.

"Bagaimana bu Dede Asiah yang menjadi korban perdagangan orang bisa dipulangkan ke Indonesia. Bu Dede Asiah ini berangkat dari 2022," ujarnya.

Kedatangan ke Komnas HAM untuk meminta pengawalan kasus tersebut, hingga pelaku dihukum berat, jika terbukti bersalah. "Agar proses hukum ada pelaku di dalam negeri bisa tertangkap, karena sekali berhenti, maka kemudian itu akan terulang lagi," ujarnya.

Rombongan Rieke dan Yongki (suami DA) diterima oleh Komisioner HAM Anis Hidayah (Koordinator Sub Komisi Pemajuan HAM), Putu Elvina (Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan), Saurlin P Siagian (Komisioner Pengkajian dan Penelitian). Rieke dan Yongki datang bersama salah seorang korban kasus dugaan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Puteri Balqis.

Rieke pun yakin bahwa dukungan dari Komnas HAM sangat berarti dalam memperkuat upaya Pemerintah, khususnya Kemenyerian Luar Negeri.
Saat ini, pihak Kementerian Luar Negeri, khususnya Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Damaskus, Suriah tengah mengupayakan pemulangan DA.

Aktivis Pekerja Migran Indonesia (PMI) Rieke Diah Pitaloka membawa kasus PMI asal Karawang, Jawa Barat, Dede Asiah (DA), yang terindikasi menjadi korban TPPO

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   Komnas HAM  Rieke  TPPO  HAM  PMI 
BERITA LAINNYA
X Close