Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Usman Hamid Sebut Pelanggaran HAM Berat Belum Selesai, Singgung Penculikan Aktivis

Rabu, 26 Juli 2023 – 19:42 WIB
Usman Hamid Sebut Pelanggaran HAM Berat Belum Selesai, Singgung Penculikan Aktivis - JPNN.COM
Diskusi bertajuk "Deklarasi Korban dan Masyarakat Sipil Melawan Lupa" di Sadjoe Cafe, Tebet, Jakarta Selatan yang digelar PBHI, Rabu (26/7). Foto: dokumentasi PBHI

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Amensty International Indonesia Usman Hamid kembali mengingatkan publik pada pelanggaran HAM berat terkait penculikan aktivis dalam peristiwa kerusuhan Mei 1998.

Usman menyebut kerusuhan Mei 1998 yang berujung penculikan aktivis merupakan kelanjutan dari peristiwa 27 Juli 1996.

Amnesty International mencatat setidaknya terdapat 6-7 orang tewas dalam peristiwa 27 Juli 1996 tersebut, 194-207 orang ditangkap dan ditahan, dan 94 orang luka-luka berat karena kantor PDI waktu itu diambil secara paksa.

"Pemerintah menutupi berapa yang luka dan ditangkap," ujar Usman Hamid dikutip dari siaran pers diskusi bertajuk "Deklarasi Korban dan Masyarakat Sipil Melawan Lupa" di Sadjoe Cafe, Tebet, Jakarta Selatan yang digelar PBHI, Rabu (26/7).

Pasca peristiwa tersebut, katanya, ada pengkambinghitaman terhadap Solidaritas Mahasiswa Indonesia untuk Demokrasi (SMID) dan Partai Rakyat Demokratik (PRD).

"Total 23 aktivis yang diculik, sembilan di antaranya aktivis SMID dan PRD. Sisanya hingga kini belum ditemukan," lanjut Usman.

Dia menyebut peristiwa penculikan adalah penundukan terhadap oposisi untuk mempertahankan kekuasaan. Namun, pada gelombang penculikan III adalah untuk menghilangkan bukti-bukti kejahatan negara atas aksi rasial terhadap etnis Tionghoa.

"Forum ini bukan untuk mengungkap luka lama. Sebaliknya adalah untuk tidak mengatakan bahwa jangan politisasi isu penculikan atau pelanggaran HAM berat masa lalu," tegasnya.

Direktur Amensty International Indonesia Usman Hamid mengingatkan publik soal pelanggaran HAM berat soal penculikan aktivis dalam peristiwa kerusuhan Mei 1998.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close