Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perbankan Minta Blanket Guarantee

Segera Fokus ke Sektor Riil

Rabu, 10 Desember 2008 – 17:03 WIB
Perbankan Minta Blanket Guarantee - JPNN.COM
JAKARTA - Para pelaku bisnis perbankan meminta pemerintah segera memberlakukan sistem penjaminan penuh (blanket gurantee) simpanan nasabah di bank. Penjaminan penuh juga harus diberlakukan untuk mekanisme pinjaman antarbank.

Meski dalam beberapa kali kesempatan pemerintah menolak blanket guarantee, pelaku perbankan berpendapat sistem penjaminan penuh akan semakin memperkokoh fondasi industri keuangan nasional. "Ini penting untuk menghadapi krisis yang akan mencapai puncak tahun depan," kata Sigit Pramono, ketua umum Perhimpunan Bank-bank Nasional (Perbanas), di Jakarta, Selasa (9/12).

Menurut Sigit, blanket guarantee tidak hanya berpengaruh pada kepercayaan nasabah untuk menempatkan dananya di perbankan dalam negeri. Namun, juga akan berpengaruh positif ke industri perbankan nasional.

Bank, kata Sigit, akan yakin bahwa likuiditas dari dana simpanan nasabahnya akan aman karena tidak ada pelarian dana dari deposan kakap ke negara lain yang memberlakukan blanket guarantee. Beberapa bank besar di negara tetangga kini sudah sangat getol merayu deposan kakap di Indonesia untuk memindah dananya. Jika ada blanket guarantee, bank tidak akan terlalu dibuat repot untuk meyakinkan nasabahnya.  "Akibat positifnya, bank bisa segera mengalihkan perhatiannya ke sektor riil," ujar mantan dirut PT BNI Tbk itu.

JAKARTA - Para pelaku bisnis perbankan meminta pemerintah segera memberlakukan sistem penjaminan penuh (blanket gurantee) simpanan nasabah di bank.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA