Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perdagangan Daging dan Sapi Diselidiki

Kamis, 07 Februari 2013 – 06:35 WIB
Perdagangan Daging dan Sapi Diselidiki - JPNN.COM
JAKARTA - Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) melihat ada indikasi adanya kartel dalam perdagangan daging sapi di Indonesia. Untuk itu KPPU sedang menurunkan tim investigasi yang untuk menyelidiki hal tersebut.

Ketua KPPU Muhammad Nawir Messi mengungkapkam pihaknya telah menemukan indikasi penyimpangan yang dilakukan oleh beberapa pihak (kartel) yang menyebabkan problem perdagangan daging sapi. Ia berkata tim investigasi telah diturunkan minggu lalu dan hasil penyelidikannya bisa diketahui 2-3 hari ke depan.

"Saat ini ada indikasi awal yang mengarah ke dugaan kartal. Namun untuk diperkarakan masih harus alat bukti yang cukup," katanya saat ditemui di kantornya Rabu (6/2).

Jika benar terjadi kartal tersebut maka yang paling dirugikan adalah konsumen. Investigasi itu dirasa perlu dilakukan untuk melindungi perdagangan dalam negeri terlepas dari unsur politis. Seperti yang diketahu saat ini harga sapi menyentuh level tinggi yaitu Rp 90-95 ribu per kg.

Terlepas mengenai dugaan kartel terbukti atau tidak, Nawir berpendapat saat ini telah terjadi over estimasi Indonesia bisa memenuhi kebutuhan daging. Seperti dalam Data Kementerian Pertanian yang menyebutkan produksi sapi siap potong sekitar 2,4 juta atau 399 ribu ton setara daging. Namun menurut Nawir jumlah itu belum bisa tergambarkan segmentasinya. Arti dari sapi siap potong itu apakah yang ada di korporasi atau termasuk yang ada di peternak tradisional.

JAKARTA - Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) melihat ada indikasi adanya kartel dalam perdagangan daging sapi di Indonesia. Untuk itu KPPU

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA