Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perempuan Asal Indonesia Dituduh Berkali-kali Lakukan Penipuan di Australia

Selasa, 25 Agustus 2020 – 16:57 WIB
Perempuan Asal Indonesia Dituduh Berkali-kali Lakukan Penipuan di Australia - JPNN.COM
Warga Australia, termasuk dari kalangan migran, didorong untuk melapor ke Scamwatch tanpa perlu malu atau bersalah, jika merasa jadi korban penipuan. (Pexels: Andrea Piacquadio)

Lembaga pengawas Scamwatch di Australia mengeluarkan data terbaru soal kasus penipuan, termasuk pencurian informasi pribadi yang tahun ini meningkat 55 persen dibandingkan tahun lalu.

Dalam data tersebut terdapat 3.900 laporan penipuan menggunakan kata "coronavirus" dengan kerugian melebihi AU$3,1 juta sejak pandemi COVID-19.

Data tahunan Scamwatch, yang juga bagian dari Komisi Kompetisi dan Konsumer Australia (ACCC), akhir Juni lalu juga menunjukkan penipuan telah menargetkan komunits migran di Australia.

Tindakan penipuan diduga telah terjadi di kalangan komunitas warga Indonesia di Australia, seperti yang disebutkan di salah satu kelompok Facebook komunitas Indonesia di Perth.

"PENGUMUMAN. Buat semua yang pernah bermasalah dengan PUTRY THORNHILL buat pengiriman uang or hal lain tolong lapor ke saya. Anda tidak sendiri," tulis seorang anggota di grup Facebook tersebut.

"Ada grupnya yang pernah ditipu oleh Putry."

Nama akun yang disebutkan dalam unggahan tersebut, yakni Putry Thornhill sudah tidak dapat ditemukan lagi akunnya di Facebook, namun sejumlah orang yang berbicara kepada ABC Indonesia mengatakan ia berdomisili di negara bagian New South Wales.

Kepada ABC Indonesia, penulis yang tidak ingin namanya disebutkan mengatakan alasan ia membuat unggahan itu karena ingin membantu temannya yang mengatakan uangnya sempat tidak dikembalikan oleh Putry.

Lembaga pengawas Scamwatch di Australia mengeluarkan data terbaru soal kasus penipuan, termasuk pencurian informasi pribadi yang tahun ini meningkat 55 persen dibandingkan tahun lalu

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close