Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perempuan Sudah Lama Berkiprah di Pemerintahan Lokal Australia

Senin, 28 September 2015 – 12:19 WIB
Perempuan Sudah Lama Berkiprah di Pemerintahan Lokal Australia - JPNN.COM

Di salah satu kota pedalaman Australia bernama East Gippsland, kiprah perempuan dalam pemerintahan lokal sudah berlangsung lama, yaitu sejak 1954. Namun demikian, hingga saat ini pejabat perempuan masih kerap dipandang remeh.

Sejak 1954, tercatat 33 perempuan yang menjabat sebagai councillor di kota yang terletak sekitar 4 jam di sebelah timur Kota Melbourne. Yang pertama tercatat bernama Winifred Maurice yang terpilih sebagai pejabat di Orbost, yang setingkat kecamatan.

Perempuan Sudah Lama Berkiprah di Pemerintahan Lokal Australia
Pejabat Kota East Gippsland, Jane Rowe, mengakui masih ada pejabat pria yang memandang remeh kiprah pejabat perempuan. (ABC/Zoe Ferguson)

 

Menurut Mendy Urie, yang memimpin kelompok bernama Women in Local Government Working Group, mengatakan para pejabat perempuan membawa perspektif yang berbebda dalam pemerintahan.

Kiprah perempuan di East Gippsland dibukukan dengan judul 'Women in Local Government, East Gippsland' yang diluncurkan belum lama ini.  Buku ini memaparkan kisah para pejabat perempuan di kota itu dari masa lalu hingga saat ini.

"Buku ini mrupakan dokumen sejarah yang penting karena mengakui kiprah pejabat perempuan, bagaimana mereka berjuang di antara tugas dan keluarga," kata Mendy Urie.

"Mereka mengalami saat-saat dipandang remeh, dikritik, sehingga butuh kekuatan besar hanya untuk bertahan di posisinya. Saya sangat menghormati para perempuan ini," tambahnya.

Di salah satu kota pedalaman Australia bernama East Gippsland, kiprah perempuan dalam pemerintahan lokal sudah berlangsung lama, yaitu sejak 1954.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA