Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peringatan 63 Tahun Pidato Bung Karno To Build the World Anew, Hasto: Pancasila Ideologi Dunia

Sabtu, 30 September 2023 – 14:15 WIB
Peringatan 63 Tahun Pidato Bung Karno To Build the World Anew, Hasto: Pancasila Ideologi Dunia - JPNN.COM
Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto saat menjadi pembicara kunci Peringatan Ke-63 Tahun Pidato Presiden Pertama RI Soekarno di Majelis Umum PBB, yang diselenggarakan di Gedung Pusat Studi Arsip Presiden Pertama RI Ir. Sukarno Bapak Bangsa, Jalan Gajah Mada Nomor 111, Jakarta Barat, Sabtu (30/9). Foto: DPP PDIP.

jpnn.com - JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila diterima oleh dunia. Menurut dia, Pancasila mengandung semangat, seperti pentingnya menjaga kestabilan, persaudaraan, dan kesetaraan, yang diinginkan banyak negara.

Hasto menyampaikan itu saat menjadi pembicara kunci Peringatan Ke-63 Tahun Pidato Presiden Pertama RI Soekarno di Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), yang diselenggarakan di Gedung Pusat Studi Arsip Presiden Pertama RI Ir. Sukarno Bapak Bangsa, Jalan Gajah Mada Nomor 111, Jakarta Barat, Sabtu (30/9).

Dalam acara ini, hadir pembicara lainnya, yakni Connie Rahakundini, Mukhlis Paeni, Teuku Rezasyah dan Mayjen Purn. Lumban Sianipar.

Menurut Hasto, pidato Bung Karno berjudul "To Build The World Anew" merupakan suatu perasan dari apa yang menjadi harapan mimpi  seluruh bangsa-bangsa yang mengalami keterjajahan.

"Dalam cara pandang Soekarno, sistem internasional itu anarkis dan selalu diwarnai perang, sehingga setting dari pidato To Build The World Anew adalah realitas peradaban umat manusia yang memang diwarnai penindasan itu dan bangsa Indonesia sendiri mengalaminya selama lebih dari 350 tahun mengalami kolonialisme-imperialisme itu," kata Hasto.

Dosen Universitas Pertahanan itu mengatakan bahwa Sang Proklamator selalu berdialektika dalam alam pikir dan mencari jawaban tentang pentingnya suatu tata dunia baru yang berkeadilan, dan perdamaian abadi atas dasar cita-cita kemanusiaan menjadi pengikat.

Menurut Hasto, keresahan-keresahan itu yang membuat Bung Karno menyampaikan pidatonya berjudul To Build the World Anew di Sidang Umum PBB pada 30 September 1960.

"Apa yang disampaikan oleh Bung Karno itu menjadi relevan di tengah pertarungan geopolitik saat ini. Dalam pidato yang telah menjadi memory of the world tersebut, jiwa kemanusiaanlah yang berbicara," ungkapnya.

Hasto Kristiyanto mengatakan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila diterima oleh dunia. Dia menegaskan Pancasila ialah ideologi dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close