Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peringatan dari WHO untuk Seluruh Penduduk Dunia

Kamis, 16 Juli 2020 – 04:43 WIB
Peringatan dari WHO untuk Seluruh Penduduk Dunia - JPNN.COM
WHO. Ilustrasi Foto: Reuters

jpnn.com, LONDON - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, terhambatnya program imunisasi untuk penyakit seperti campak, tetanus, dan difteri selama pandemi COVID-19, telah membahayakan jutaan anak-anak.

"Penderitaan dan kematian yang tidak dapat dihindari yang disebabkan oleh anak-anak yang kehilangan imunisasi rutin bisa jauh lebih besar daripada COVID-19 itu sendiri," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam sebuah laporan bersama dengan UNICEF, Rabu (15/6).

Tiga perempat dari 82 negara yang menanggapi survei untuk laporan itu mengatakan mereka menghadapi gangguan terkait virus corona pada program imunisasi mereka pada Mei 2020.

Sebagian besar masalah dikaitkan dengan kurangnya peralatan perlindungan pribadi (APD) yang memadai untuk petugas kesehatan, pembatasan perjalanan, dan tingkat staf yang rendah untuk petugas kesehatan---yang semuanya menyebabkan layanan imunisasi dicegah atau ditutup.

Setidaknya 30 kampanye vaksinasi campak telah atau berisiko dibatalkan, mengancam wabah baru dari penyakit virus menular tahun ini dan seterusnya, kata laporan itu.

Wabah campak sudah meningkat, menginfeksi hampir 10 juta orang pada 2018 dan membunuh 140.000 di antaranya, yang kebanyakan adalah anak-anak, menurut data WHO.

Untuk difteri, tetanus, dan batuk rejan, data awal untuk empat bulan pertama tahun 2020 "menunjukkan penurunan yang substansial" dalam jumlah anak-anak yang mendapatkan ketiga dosis vaksin DTP yang melindungi mereka, kata laporan itu.

Ini merupakan pertama kalinya dalam 28 tahun dunia dapat melihat penurunan cakupan untuk imunisasi rutin anak.

WHO menyampaikan peringatan yang harus diperhatikan seluruh penduduk dunia, terkait dengan wabah pandemi COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close