Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peringatan HKSN 2023, Dinsos Sumbar Temui Suku Sasak

Selasa, 26 Desember 2023 – 14:26 WIB
Peringatan HKSN 2023, Dinsos Sumbar Temui Suku Sasak - JPNN.COM
Peringatan Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN) 2023 Dinas Sosial Sumatra Barat (Sumbar) mengunjungi Suku Sasak, di Kampung Sasak Ende, Kabupaten Lombok Tengah. Foto: dok Dinsos Sumbar

jpnn.com, JAKARTA - Peringatan Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN) 2023 Dinas Sosial Sumatra Barat (Sumbar) mengunjungi Suku Sasak, di Kampung Sasak Ende, Kabupaten Lombok Tengah. 

Ketua DPRD Sumbar Supardi yang ikut mendampingi kegiatan tersebut menilai kegiatan itu sebagai upaya menanggapi isu strategis.

Sebab, kata Supardi selama ini Dinas Sosial Sumbar berperan besar dalam memadukan solidaritas di antara suku atau bangsa di wilayah itu.

"Kami dianggap intoleran oleh sebuah survei. Namun, kita kan jawab lewat kegiatan. Saya sudah anggarkan pembuatan video di Dinsos bagaimana harmonisnya kehidupan antar suku di Sumatera Barat,” ujar Supardi, dalam keterangan yang dikutip, Selasa (26/12).

Peserta HKSN Dinsos Sumbar Asmadi mengaku belajar banyak dari acara tersebut. Menurutnya, Orang Sasak terkenal pintar membuat kain dengan cara menenun. 

Asmadi menyebut dahulu setiap perempuan akan dikatakan dewasa dan siap berumah tangga jika sudah pandai menenun.

“Sejarah mereka luar biasa,” ujar Asmadi Thaher

Menurutnya, kegiatan menenun itu pula yang diperlihatkan selama peserta berada di sana. Mereka juga disambut oleh tari khas Sasak, Peresean. 

Peringatan Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN) 2023 Dinas Sosial Sumatra Barat (Sumbar) mengunjungi Suku Sasak, di Kampung Sasak Ende, Kabupaten Lombok Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   sumbar  Sasak  HKSN  NTB  Pemilu 
BERITA LAINNYA
X Close